Minggu, 28 April, 2024

DPR Harap Isu Hukum dan HAM di Debat Capres Bahas Isu Aktual

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Achmad Baidowi berharap debat perdana Calon Presiden pada Selasa (12/12/2023) malam ini membahas isu Hukum dan HAM yang aktual di lapangan, tidak teoretis di buku-buku. Diketahui, tema debat pertama meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

“Tetapi juga bagaimana aktualisasi di lapangan kondisi praksis hukum kita dan penegakan hukum dan HAM kita di Indonesia seperti apa dan kedepannya itu mau seperti apa,” ujar pria yang kerap disapa Gus Awiek di sela-sela Kunjungan Kerja Reses Komisi III ke Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/12/2023).

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan rundown debat capres akan berlangsung selama 150 menit. Rinciannya, durasi debat total 120 menit yang dibagi menjadi enam segmen. Sementara 30 menit sisanya untuk pariwara.

Segmen pertama adalah momen peserta Pilpres 2024 memaparkan visi dan misi sesuai tema yang ditetapkan. Capres bisa saling sanggah pada segmen kedua, ketiga, keempat dan kelima.

- Advertisement -

Sesi terakhir khusus untuk penyampaian pernyataan penutup tiap capres. Debat akan dihadiri tiga pasangan calon, antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER