Waspada! Angin Kencang Berpotensi Terjadi saat Malam Tahun Baru

gambar ilustrasi

MONITOR, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang akan merayakan malam tahun baru untuk waspada. Sebab, BMKG memprediksi cuaca berawan dan potensi terjadinya angin kencang akan terjadi pada malam pergantian tahun baru 2019 di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Peringatan dini: Waspada potensi angin kencang di wilayah DKI Jakarta,” tulis BMKG dalam siaran persnya, Senin 31 Desember 2018. Pada pagi hari, BMKG memperkirakan cuaca di DKI Jakarta berawan. Cuaca yang sama juga akan terjadi pada siang harinya kecuali di Jakarta Barat dan Jakarta Utara yang diprediksi diguyur hujan ringan.

Cuaca berawan kembali diperkirakan akan terjadi pada malam hari dan dini hari. Khusus untuk Kepulauan Seribu, cuaca pada dini hari diperkirakan hujan ringan. Suhu udara akan berkisar antara 24-32 derajat celcius. Sedangkan kelembapan udara berkisar antara 75-95 persen.

BMKG juga menyampaikan prakiraan cuaca di Jawa Barat pada hari ini. Secara umum, cuaca berawan terjadi di Jawa Barat pada pagi hari. Sementara pada siang dan sore hari, sebagian besar wilayah di Jawa Barat diperkirakan berawan. Hujan ringan berpotensi terjadi di sebagian wilayah Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Majalengka, Sumedang, Indramayu, Kuningan dan Cirebon.

Pada malam harinya, secara umum cuaca di Jawa Barat diprediksi berawan. Sedangkan kawasan Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Sumedang, dan Sukabumi diperkirakan akan diguyur hujan ringan. Pada dini hari, cuaca diperkirakan berawan.

BMKG juga menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat Jawa Barat. BMKG meminta masyarakat waspada hujan disertai kilat di sejumlah wilayah tertentu. “Peringatan dini: Waspada potensi terjadinya hujan yang dapat di sertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Subang, Indramayu, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon antara sore hingga menjelang malam hari,” tulis BMKG.