Jumat, 29 Maret, 2024

Ditjen Tanaman Pangan Kembangkan Padi Varietas Tarabas di Sumatera Utara

MONITOR, Langkat – Beras Japonica atau yang sering dikenal dengan beras Jepang merupakan salah satu tipe beras khusus yang kini semakin populer di Indonesia.

Kementerian Pertanian melalui Badan Litbang Pertanian yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017 telah berhasil mengembangkan varietas unggul baru padi tersebut, yang memiliki mutu beras japonica premium dengan nama varietas Tarabas.

Beras Japonica merupakan salah satu tipe beras khusus yang semakin populer di masyarakat, yang dicirikan dengan tekstur nasi yang sangat pulen dan kadar amilosa yang rendah.

Beras tipe ini biasa disajikan di rumah makan bernuansa Asia Timur seperti rumah makan Jepang dan Korea yang semakin menjamur di tanah air.

- Advertisement -

Pada 2018 melalui program bantuan pemerintah, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan mengembangkan pertanaman padi varietas Tarabas di 3 (tiga) provinsi, salahsatunya di Provinsi Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Langkat seluas 150 Ha.

Memasuki musim tanam di akhir thn 2018 ini, Sabtu 8 Desember 2018 DR. Tri Martini Patria mewakili Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, dan Dinas Pertanian Kabupaten Langkat melakukan gertam padi varietas Tarabas dan dialog bersama petani penerima program, di lokasi Gapoktan Maju desa Tanjung Keruahan Kecamatan Serapit Kabupaten Langkat Sumatera Utara.

Petani yang tergabung di gapoktan Maju di ketuai oleh bapak Senang Ginting seorang mantan kepala sekolah ini, adalah petani pilihan yang dipercayakan, untuk menanam padi varietas Tarabas, yang nantinya diharapkan juga dapat mengenalkan serta mengembangkannya.

“Gertam ini dilakukan, untuk lebih meyakinkan petani bahwa, pemerintah serius dalam pengembangan tanaman padi khusus ini, yaitu padi varietas Tarabas,” kata Perwakilan Ditjen Tanaman Pangan, Tri Martini Patria

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER