Jokowi Optimis Tol Bakauheni-Palembang Rampung Pertengahan 2019

Presiden Joko Widodo usai meninjau proyek Jalan Tol Bakauheni - Palembang

MONITOR, Lampung – Presiden Joko Widodo pagi ini meninjau Pembangunan Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar Seksi 3: Kota Baru – Metro, Jumat (23/11) pagi. Dalam kunjungannya itu, ia didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Diketahui, ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 kilometer itu merupakan bagian dari Jalan Tol Bakauheni (Lampung) menuju ke Palembang (Sumatera Selatan) sepanjang 350 kilometer.

“Kita harapkan, kalau yang ini (Bakauheni-Terbanggi Besar) akan diselesaikan Desember ini, kemudian yang sampai Palembang akan kita selesaikan nanti pertengahan tahun 2019,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan.

Widget Situasi Terkini COVID-19

Lebih jauh, ia berharap dengan pembangunan jalan tol Bakauheni- Palembang itu, maka daya saing akan lebih baik, titik-titik pertumbuhan ekonomi di sekitar jalan ini akan terintegrasikan nantinya dengan kawasan-kawasan industri, kawasan-kawasan ekonomi khusus yang semuanya juga dalam proses dibangun.

Untuk keseluruhn Trans Sumatera hingga Aceh, menurut Presiden, juga akan dimulai tembus dari barat, kemudian dari timur juga dimulai, ketemu nanti di tengah.

“Hitungan tadi saya juga baru saya hitung-hitungan dengan Pak Menteri PU mungkin 2024,” kata Jokowi.