Hasto Kristiyanto: Program Dana Kelurahan Jokowi pro Rakyat

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta –¬†Komitmen Jokowi untuk membangun pinggiran desa dan kelurahan akan direalisasikan di tahun 2019. Sejak aspirasi dana kelurahan diusulkan pada Juli lalu, pemerintah segera menyiapkan formulasi untuk merealisasikan aspirasi tersebut.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto Kristiyanto mengatakan aspirasi tersebut akan direalisasikan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan.

“Jika aspirasi itu bisa direalisasikan awal tahun 2019, harapannya bisa menjadi penyeimbang dana desa yang bisa menggerakkan perekonomian dan pembangunan yang melibatkan langsung rakyat, yang selama ini sudah digulirkan pemerintah,” ujar Hasto, dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Senin (22/10).

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal DPP PDIP ini mengungkapkan apabila ada sindiran mengenai rencana kebijakan dana kelurahan, ia meyakininya sebagai suatu serangan politik jelang Pilpres 2019.

“Bagi kami justru mereka telah menunjukkan bagaimana kualitas kepemimpinannya serta ketidakjelasan keberpihakan politiknya. Rakyat pasti bisa melihat dan menilai, calon pemimpin yang justru menghalang-halangi, mencurigai, menunjukkan sikap tidak senang, ketika Pak Jokowi mengeluarkan kebijakan prorakyat, aspiratif, dan solutif dengan berbagai langkah yang kreatif dan inovatif,” kata Hasto.

Lagi-lagi Hasto menegaskan, rencana kebijakan atau program dana kelurahan telah mengandung unsur politik keberpihakan, yaitu keberpihakan terhadap rakyat. “Pak Jokowi jelas telah menunjukkan keberpihakannya, ketika ada usulan atau aspirasi dari kelurahan yang disampaikan melalui Apeksi, Presiden Jokowi meresponnya dengan solusi. Itulah pemimpin yang sebenarnya,” pungkasnya.