NASIONAL

TGB Disebut-sebut Incar Kursi Cawapres Jokowi

MONITOR, Jakarta – Dukungan Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi kepada Jokowi sebagai calon presiden 2019 terus menuai pro kontra di kalangan publik. Menanggapi hal itu, Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan bahwa pernyataan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Itu bukanlah sesuatu yang spontan.

Menurutnya, pernyataan TGB itu telah memiliki pertimbangan yang matang. Ia meyakini dukungan TGB untuk Jokowi mengandung pesan tertentu, yakni mengisyaratkan bahwa TGB berminat menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Jokowi pada pilpres nanti.

“Saya melihat dari perilaku komunikasi politik dan perilaku lainnya bahwa TGB tampaknya berkeinginan dipasangkan dengan Jokowi. Apalagi dipertegas dengan pernyataan memberikan dukungan,” kata Emrus kepada MONITOR, Sabtu (7/7).

Dengan demikian, Emrus juga menyarankan agar Jokowi menggandeng TGB sebagai calon wakil presiden (cawapres). Menurutnya, andai saja Jokowi tidak menggandeng TGB sebagai cawapres, maka Jokowi bisa menggandeng kepala daerah lain yang berlatar belakang ulama untuk duduk di kabinet.

“Dalam politik tidak ada dukungan yang gratis. TGB pasti ingin mendapatkan insentif politik atas dukungannya untuk Jokowi, insentif paling tinggi dari Jokowi untuk TGB ialah Cawapres, jika tidak, bisa sebagai menteri dalam negeri,” tukasnya.

Tak hanya itu, Emrus juga menilai kalau cucu pendiri Nahdatul Wathan (NW) Tuan Guru Pancor itu, merupakan salah satu tokoh yang sudah teruji. Menurutnya, selain sukses dalam memimpin Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam dua periode TGB juga sosok religius. Sehingga menjadi obat penawar untuk menepis isu kalau Jokowi anti islam. Kata dia, itu akan menjadi magnet untuk menarik dukungan tambahan bagi Jokowi.

“Menurut saya, dia (TGB) sudah roadshow seluruh Indonesia dan bagaimanapun itu menjadi magnet kemenangan. Saya sarankan Jokowi merangkul beliau menjamin kemenangan 2019,” ujar Emrus.

Dia menambahkan, sejauh ini TGB telah menjadi panutan bukan hanya untuk warga NTB namun juga masyarakat Indonesia. Ia juga mengatakan kalau sosok TGB ketika keliling Indonesia untuk menyampaikan dakwah selalu mampu menyedot massa.

“Beliau ilmuwan agama yang luar biasa. Keilmuannya digunakan untuk bangsa dan negara,” kata Direktur Eksekutif EmrusCorner itu.

Recent Posts

Kemenag akan Fasilitasi Santri Aktif di Dunia Digital

MONITOR, Jakarta - Santri identik dengan penguasaan ilmu agama. Kemenag berharap santri lebih aktif dalam…

38 menit yang lalu

Jumpa CEO Al-Nassr Sports Club, Menpora Dito Bahas Kerjasama Pengembangan Olahraga Indonesia

MONITOR, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo terus mempererat…

1 jam yang lalu

Usai Bertemu KSAD, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Alutsista dan Kesejahteraan Prajurit

MONITOR, Jakarta - Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendorong…

2 jam yang lalu

Pertamina Bina Medika IHC dan Singhealth Kolaborasi Tingkatkan Layanan Kesehatan

MONITOR, Bali - PT Pertamina Bina Medika – Indonesia Healthcare Corporation (IHC), sebuah holding RS…

3 jam yang lalu

Peringati May Day, PJN Soroti Banyaknya Gaji Buruh yang Belum Layak

MONITOR, Jakarta - Semangat Hari Buruh yang Diperingati setiap tanggal 1 Mei sebagai May Day…

3 jam yang lalu

Mulyanto: Pemerintah Jangan Terburu-Buru Ekspor Listrik EBET ke Singapura

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, minta Pemerintah tidak terburu-buru mengambil keputusan…

4 jam yang lalu