Categories: BISNISEKONOMI

Ponsel, Alat Promosi Produk Online Andalan

MONITOR, Siak – Kementerian Koperasi dan UKM meminta pelaku usaha khususnya sektor UMKM dan Koperasi supaya melek terhadap teknologi informasi. Di era digitalisasi teknologi informasi merupakan sebuah keharusan bila UMKM dan Koperasi ingin berkembang dan meningkatkan produktifitasnya.

Hal itu disampaikan Asisten Deputi Permodalan pada Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Luhur Pradjarto, dalam acara Pembekalan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula dengan tema “Marketing Zaman Now” di Siak Sri Indrapura, Siak, Provinsi Riau.

Luhur mengatakan permodalan memang diperlukan untuk membiayai suatu kegiatan usaha KUMKM. Namun apabila modal yang dimiliki tidak dikelola dengan baik dan memasarkan produk hanya dipasaran lokal, maka omset yang diperoleh tidak akan maksimal. 

Menurut Luhur pengelolaan modal dan cara pemasaran yang jitu akan mempercepat perputaran modal. Handphone misalnya yang banyak dimiliki wirausaha merupakan sarana yang tepat untuk memasarkan produk secara on-line. 

“Melalui pemasaran on-line inilah produk-produk UMKM dapat dikenal oleh masyarakat, tidak hanya di Kabupaten Siak tetapi juga seluruh dunia,” kata Luhur dalam siaran pers, Jumat (8/12).

Oleh karena itu, tegas dia pembekalan ini harus ditindak lanjuti oleh Dinaskop dan UMKM Kabupaten Siak dalam bentuk diklat maupun bimbingan teknis (bimtek). Sementara soal materi-materi yang diberikan dalam diklat maupun bimbingan teknik bisa disesuaikan.

“Misalnya terkait dengan pembukuan, pengembangan bisnis, teknik penyusunan proposal, maupun pembentukan jaringan usaha,” pungkas Luhur.

Pendapat yang sama juga disampaikan Rubiati, Staf Ahli Bupati Siak Bidang Ekonomi. Dimana ia mengatakan bahwa UMKM harus mampu berkembang diera digitalisai. Teknologi merupakan bagian pokok bagi pelaku usaha. 

“Konsumen pun sudah banyak yang memanfaatkan teknologi untuk memesan produk dengan cara on-line,” papar Rubiati yang dalam kesempatan itu mewakili Bupati Siak. 

Acara pembekalan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan PT Bumi Siak Pusako, yang dihadiri SKPD terkait, Camat, anggota komisi II DPRD Kabupaten Siak dan sekitar 150 Wirausaha Pemula.

Recent Posts

Menag Yaqut Hadiri Musrenbangnas 2024 di JCC

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional…

1 jam yang lalu

Jamkrindo Kerja Sama Penjaminan Bank Garansi dengan Bank SulutGo

MONITOR, Jakarta - PT Jaminan Kredit Indonesia atau Jamkrindo melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan…

2 jam yang lalu

Menhan Prabowo Gelar Acara Halalbihalal dan Pengarahan Pegawai Kemhan

MONITOR, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menggelar acara Halalbihalal dan Pengarahan kepada sejumlah 1.000…

3 jam yang lalu

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

MONITOR, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun…

9 jam yang lalu

Nasyiah-KPPPA Dorong Agen ASI Eksklusif di Lingkungan Kementerian-Lembaga

MONITOR, Jakarta - Sebanyak 12 kementerian-lembaga Republik Indonesia berkomitmen melakukan optimalisasi ruang laktasi di lingkungan…

12 jam yang lalu

Irjen Kemenag Harap Auditor Bisa Jadi Mitra Inovasi Pengembangan Diferensiasi Pendidikan Agama

MONITOR, Jakarta - Irjen Kemenag Faisal Ali tidak semata menjadi mitra pengawasan, tetapi juga problem…

13 jam yang lalu