Hari Pancasila, Sekjen PDIP: Kesadaran Berbangsa Harus Diperkuat

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto (dok: Tribunnews)

MONITOR, Jakarta – Hari lahirnya Pancasila yang jatuh tepat tanggal 1 Juni memiliki makna tersendiri bagi PDIP. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menuturkan, Hari Pancasila memperkuat kesadaran bahwa Pancasila menjadi dasar dalam kehidupan berbangsa.

“Peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini semakin memperkuat kesadaran berbangsa. Bahwa Pancasila tidak hanya menjadi dasar dan tujuan berbangsa dan bernegara, namun Pancasila harus menjadi the way of life dalam seluruh kehidupan kita bersama,” kata Hasto dalam keterangannya kepada MONITOR, Jumat (1/6).

Untuk itu, ia menuturkan, partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut mendorong semangat patriotisme melalui momen Hari Pancasila ini. Menurutnya, semangat kemandirian akan tercipta jika ada kecintaan terhadap tanah air.

“PDI Perjuangan terus mendorong semangat patriotisme ini. Tidak ada bangsa besar, tanpa api perjuangan yang menyala-nyala untuk bangsa dan negaranya sendiri. Semangat berdikari hanya bisa terjadi apabila kita mencintai tanah air dengan sepenuh hati,” tuturnya.

Hasto pun kemudian berpesan agar masyarakat Indonesia dapat menjunjung tinggi jati diri bangsanya. Bukan malah menjunjung tinggi bangsa lain.

“Jadilah Pancasilais sejati yang menjunjung tinggi jati diri bangsa, bukannya menjunjung tinggi jati diri bangsa lain,” tandasnya.