Melalui MIKTA, Bamsoet Ingin Perkuat Hubungan Indonesia-Australia

Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (net)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR Bambang Soesatyo terus mengupayakan peningkatan kerja sama yang baik antara Indonesia dengan Australia.

Melalui forum parlemen anggota MIKTA (Mexiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia) ini, menurut Bamsoet, kesempatan yang baik dalam meningkatkan hubungan yang harmonis harus ditingkatkan di berbagai bidang dengan Australia.

“Melalui forum MIKTA di Bali, kami berharap Australia dan Indonesia, serta anggota MIKTA lainnya seperti Mexico, Korea Selatan, dan Turki dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam menyikapi berbagai persoalan yang menjadi perhatian kita bersama, yang akan kita bahas,” tutur Bamsoet, Sabtu (15/9).

Politisi Golkar ini juga menuturkan bahwa Australia adalah mitra strategis Indonesia. Sehingga ia percaya bahwa Indonesia dan Australia akan selalu mengedepankan kepentingan bersama dan membangun sinergi yang baik.

“Kami percaya bahwa kedua negara akan selalu mengedepankan kepentingan bersama dalam membangun kerja sama bilateral. Kami dari DPR, akan selalu mendukung upaya penguatan kerja sama bilateral Indonesia-Australia,” tegas Bamsoet.

Bamsoet juga menegaskan bahwa Indonesia siap memperkuat kerja sama dengan Australia diberbagai bidang seperti keamanan, maritim, penanggulangan terorisme dan ekonomi.

“Kami berharap hubungan Indonesia dan Australia yang sudah berjalan dengan baik ini akan semakin kuat ke depan, termasuk hubungan antara DPR RI dan Parlemen Australia,” jelas Bamsoet.

Terakhir, kerja sama Indonesia dengan Australia juga berlangsung pada saat pertemuan ‘Bali Process Ministerial and Business Forum 2018’ yang diselenggarakan di Bali pada bulan Agustus lalu, pertemuan ini secara konsen memberi perhatian pada pengentasan perdagangan orang dan perbudakan modern.