Pendidikan Anak Usia Dini adalah Investasi

MONITOR, Jakarta – Pendidikan anak usia dini sangat penting dan merupakan investasi bangsa Indonesia. Hal ini dikemukakan Ella Yulaelawati pada talkshow dan peluncuran bukunya “Investasi di Usia Emas”, di Perpustakaan Nasional, Rabu (16/5).

“Pendidikan anak usia dini adalah investasi. Investasi untuk memutus rantai kemiskinan, meraih bonus demografi, merawat keindonesiaan dan membangun etos kerja,” papar Ella.

Sependapat dengan Ella, mantan Wakil Menteri Pendidikan Faisal Jalal juga mengamini bahwa keberadaan PAUD adalah investasi berharga dan keuntungannya berlipat-lipat. Meski begitu, Fasli mendorong penataan kota untuk meningkatkan kualitas PAUD.

Para narasumber berfoto usai peluncuran buku “investasi di usia emas”

“Penataan kota yang ramah juga diperlukan untuk mendukung PAUD. Kalau tidak ada ruang bisa gunakan ruang-ruang terbuka,” ujar Fasli.

Hal diatas menggambarkan pentingnya PAUD bagi peradaban Indonesia kedepannya. Untuk itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah, mendukung adanya peningkatan anggaran untuk PAUD.

“Kalau ini investasi, kita ingin anggarannya ke depan dinaikkan. Idealnya 5 persen dari anggaran pendidikan,” kata Hetifah.