Ditanya soal Nyapres, Ini Jawaban Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (Foto: Asep Syaefudin)

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan tegas menyatakan tak ingin bicara soal pencapresan. Pernyataan ini diungkapkan Anies menyusul maraknya pemberitaan terkait omongan orang partai yang menggadang-gadang dirinya untuk maju di Pilpres 2019 mendatang.

Sikap Anies yang enggan untuk bicara soal pencapresan bisa terlihat dari sikap Anies dalam menyikapi awak media yang beberapa kali mencecar pertanyaan seputar dukungan yang datang dari partai dan organisasi masyarakat untuk dijadikan calon presiden atau calon wakil presiden.

Setiap kali mendengar pertanyaan itu, Anies selalu berusaha mengalihkan atau menanggapi dengan senyum kecil. Tidak jarang, Anies selalu meminta untuk pertanyaan yang diajukan hanya seputar acara yang dia hadiri atau kinerja Pemprov DKI.

Begitu juga ketika dia memimpin apel pelaksanan survei Tim Pengawasan Terpadu Penyediaan Sumur Resapan dan Instalasi Pengolahan Air Limbah serta Pemanfaatan Air Tanah yang dilaksanakan di kawasan Jakarta Industri Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur, Senin (9/7).

Dalam kesempatan itu, Anies juga tidak menanggapi pertanyaan tentang dukungan capres dan cawapres kepada dirinya.

“Urusan capres dan lain-lain itu tanyanya pada pimpinan partai aja. Kalau tanyanya tentang air di Jakarta dan Asian Games, saya jawab, terus kalau tanya tentang industri, saya jawab,” kata Anies.

Menurut Anies, sebagai Gubernur DKI Jakarta tidak ada tugas dirinya untuk menanggapi isu perpolitikan termasuk adanya beberapa pihak yang ingin mengusungnya menjadi capres dan cawapres.

“Kalau Pilpres gak ada dalam tupoksinya gubernur,” pungkasnya.