7 Rahasia Menciptakan Mood Positif di Pagi Hari

MONITOR, Jakarta – Terdapat banyak penelitian yang membuktikan bahwa mood di pagi hari mempengaruhi aktivitas atau produktivitas sepanjang hari tersebut. Hal itu berarti sangat penting untuk kita membangun mood positif di pagi hari untuk menunjang aktivitas dan meningkatkan produktivitas kita pada hari tersebut.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan mood dan semangat di pagi hari, diantaranya sebagai berikut:

1. Tersenyum
Dari kacamata psikologi, senyum berdampak signifikan pada pelakunya. Tersenyum dapat mengurangi tingkat stres dan juga memacu perasaan optimis.

2. Bersyukur
Jangan lupa untuk bersyukur bahwa Tuhan masih memberi kesempatan kita untuk hidup pada hari ini. Karena rasa syukur tersebut akan membuat kita merasa tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan baik yang Tuhan berikan tersebut.

3. Berpikir positif
"Kamu adalah apa yang kamu pikirkan". Pikiran positif akan memancarkan aura positif yang akan membawa kita pada hal-hal yang juga positif.

4. Meditasi
Meluangkan waktu 5-10 menit sebelum beranjak dari tempat tidur dengan mengambil posisi duduk rileks dan memejamkan mata sambil memusatkan pikiran pada pernapasan diketahui dapat membuat perasaan lebih nyaman dan bahagia.

5. Jalan santai
Udara pagi hari yang belum terkontaminasi polusi akan membantu menyegarkan paru-paru dan juga pikiran. Jalan santai sambil menikmati udara pagi dapat menyegarkan mata, pernapasan, dan juga pikiran, serta meningkatkan mood.

6. Mendengarkan musik
Sebagian besar orang menghilangkan kejenuhan dengan mendengarkan musik favoritnya. Cara ini juga dapat dilakukan di pagi hari untuk meningkatkan mood positif.

7. Memeluk orang-orang tercinta
Memeluk orang-orang yang kita sayangi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jasmani dan juga rohani, serta bagi yang memeluk maupun yang dipeluk. Penelitian menunjukkan bahwa saat berpelukan, hormon oksitosin akan dilepaskan ke dalam aliran darah. Hormon ini membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, menghilangkan cemas, dan bahkan dapat meningkatkan daya ingat.

Nah, beberapa hal tersebut apabila rutin dilakukan setiap pagi, maka pasti akan terjadi banyak perubahan dalam hidup kita ke arah yang positif.