Pertamina Tambah Fasilitas New Gantry System untuk Terminal BBM Panjang di Lampung

MONITOR, BANDAR LAMPUNG –Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumatera Selatan telah meresmikan fasilitas teknologi New Gantry System (NGS) di Terminal BBM (TBBM) Panjang, Lampung.

Terminal BBM Panjang menjadi TBBM ke-11 milik Pertamina yang saat ini menggunakan teknologi NGS.

Di Sumbagsel, TBBM Panjang me­rupakan TBBM kedua yang meng­gunakaan teknologi NGS, selain TBBM Kertapati di Palembang.

Peresmian NGS di TBBM Panjang dilakukan oleh GM MOR II Sumbagsel Erwin Hiswanto bersama pelaksana tugas Wali­kota Bandar Lampung, M. Yusuf Kohar, Kepala Dinas ESDM Provinsi Lampung Prihantono, serta Fuel Terminal Manager Pertamina Arnold A. Pandelaki.

NGS adalah sistem untuk mendukung proses distribusi dan penyaluran BBM secara terpadu di Terminal BBM.

Semua proses kegiatan mulai dari mobil tangki masuk ke TBBM, proses pengisian, hingga keluar dari TBBM termonitor dari control room.

Saat ini, TBBM Panjang memiliki fasilitas NGS untuk bay mobil tangki dan satu fasilitas NGS untuk bay backloading atau pengisian ke kapal.

“Dengan teknologi ini, kami dapat memberikan layanan dis­tribusi BBM jauh lebih baik dan lebih efektif untuk masyarakat Sumbagsel. Semoga ke depannya kami bisa terus meningkatkan kinerja,” jelas GM MOR II Sum­bagsel Erwin Hiswanto, Rabu (4/7).

Hal senada disampaikan Plt. Walikota Bandar lampung M. Yusuf Kohar yang juga memberikan apresiasi terhadap inovasi tek­nologi NGS di TBBM Panjang.

“Saya bangga dengan kinerja Pertamina. Dengan teknologi ini distribusi energi akan semakin baik dan lancar sampai ke masyarakat,” ujarnya.