Jasa Marga Beberkan Strategi Hadapi Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

Direktur Operasi II Jasa Marga, Mohammad Sofyan saat memberikan keterangan pers di Kantor Pusat Jasa Marga (Foto: Monitor/Hendrik)

MONITOR, JakartaPT Jasa Marga (Persero) Tbk, terus mematangkan kesiapannya dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2018. Tak hanya kesiapan ruas jalan tol, akan tetapi sejumlah sarana dan prasarana seperti rest areapun disiapkan dengan baik.

Direktur Operasi II Jasa Marga, Mohammad Sofyan mengatakan dalam arus mudik dan balik Lebaran tahun 2018 ini pihaknya akan menambahkan rest area, yang semula hanya 35 titik menjadi 67 titik.

“32 Rest area permanen, 14 parking bay, 21 rest area fungsional. Jadi jumlah 67 di ruas-ruas yang dikelola Jasa Marga,” kata  Sofyan di Kantor Pusat Jasa Marga Jakarta, Rabu (6/6).

Selain melakukan penambahan jumlah rest area, Sofyan juga membeberkan mekanisme pengaturan kendaraan yang mampir di rest area. Hal itu dilakukan agar tidak ada penumpukan kendaraan.

“Jadi, petugas akan mengatur siapa dari mereka yang hanya akan menggunakan toilet, musala, pujasera dan mengisi bahan bakar,” imbuhnya.

Selain itu, Sofyan menjelaskan pihaknya melakukan pemasangan VMS dilengkapi CCTV untuk keperluan monitoring dan pengendalian parkir di 11 lokasi rest area (Tol Jakarta Cikampek dan Tol Purbaleunyi) dan pemasangan videotroneinformasi pelayanan sejumlah dua unit di rest area KM 207A Palikanci dan KM 88 B Purbaleunyi.

“(VMS dilengkapi CCTV) dipasang, jadi kalau (rest area) penuh gak perlu masuk. Belajar dari tahun lalu rest area jadi satu titik menghambat lalu lintas,” ucap Sofyan.

Untuk itu, Sofyan menghimbau para pemudik agar mempersiapkan segala kebutuhan selama dalam perjalanan. “Kami menyarankan pemudik mempersiapkan semuanya sebelum masuk tol, baik itu bensin ataupun menyediakan makanan untuk bekal diperjalanan,” harap Sofyan.