Selasa, 19 Maret, 2024

Inalum-Jasa Marga Sinergi Salurkan Bantuan CSR di Tebing Tinggi

MONITOR, Tebing Tinggi – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT Ke-21 Kementerian BUMN, PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)/INALUM dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersinergi untuk menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada warga Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Sinergi Program CSR yang dikemas dengan nama Program Pemberdayaan Masyarakat ini terdiri dari 5 (lima) kegiatan yaitu Jalan Sehat 5 Km di Jalan Tol Tebing Tinggi, Promo Aktivasi LinkAja, Santunan Anak Yatim, Khitanan Anak Taqwa serta Bersih-bersih Kampung Bersama BUMN.

Turut hadir dan membuka rangkaian kegiatan tersebut dengan Jalan Sehat di Jalan Tol Tebing Tinggi, Menteri BUMN Rini M. Soemarno menjelaskan bahwa Kementerian BUMN memiliki tanggung jawab dalam kepedulian sosial.

“Acara yang dibuat dalam rangka HUT Kementerian BUMN ini menunjukkan bahwa BUMN ke depannya harus betul – betul bisa berkiprah sebagai perusahaan profesional yang dapat mencetak keuntungan namun juga bisa berbagi kepada masyarakat,” ujar Rini dalam sambutannya saat melepas ± 1.500 peserta jalan sehat yang mayoritas berasal dari warga sekitar Jalan Tol Tebing Tinggi yang dioperasikan oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT).

Hal ini selaras dengan komitmen INALUM dan Jasa Marga untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya dari sisi kinerja namun juga dalam tanggung jawab sosialnya, selaras dengan semboyan “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

- Advertisement -

Direktur Utama INALUM Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa selain meningkatkan kesejahteraan, rangkaian kegiatan ini juga dilakukan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. “Pada HUT ke-21 Kementerian BUMN ini kami melaksanakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan, khususnya di Tebing Tinggi yang memiliki hubungan historis dengan INALUM sejak awal konstruksi di tahun 1970 an dan tentunya hal ini juga selaras dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri” jelas Budi.

Tidak hanya berkesempatan untuk menyelenggarakan CSR bagi warga di sekitar jalan tol, Corporate Communications & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, menjelaskan Jasa Marga juga secara rutin memperkenalkan ruas-ruas jalan tol secara langsung kepada masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan olahraga di jalan tol yang siap operasi.

“Jalan sehat 5 Kilometer di jalan tol ini merupakan bentuk sosialisasi Jasa Marga kepada warga sekitar bahwa seksi terakhir Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, yaitu Seksi 7 Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,26 Km siap dioperasikan. Dengan beroperasinya seksi 7 ini maka Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,70 Km beroperasi penuh sehingga dapat mempersingkat waktu tempuh yang signifikan, dari sebelumnya 2-3 jam, menjadi sekitar 1 jam,” jelas Heru.

Selain Menteri BUMN, turut hadir dalam acara ini adalah Walikota Tebing Tinggi, Sekretaris Kementerian BUMN, Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Jajaran Direksi INALUM, Jajaran Direksi Jasa Marga, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) serta Direktur Utama PT PTPN II (Persero).

Seusai kegiatan jalan sehat, INALUM dan Jasa Marga bekerjasama dengan LinkAja mengadakan kegiatan penjualan 2.100 paket pangan murah untuk warga Kota Tebing Tinggi yang terbagi di Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi dan Terminal Bandar Kajum dengan terlebih dahulu melakukan sosialisasi untuk aktivasi aplikasi LinkAja. Promo aktivasi LinkAja dilakukan untuk memperkenalkan layanan keuangan berbasis elektronik yang mengedepankan transaksi non tunai demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

INALUM dan Jasa Marga pun juga turut memberikan santunan kepada 100 anak yatim dan menyelenggarakan khitananan 100 anak taqwa bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Kumpulan Pane. Rangkaian Program Pemberdayaan Masyarakat ditutup dengan kunjungan ke Pasar Gambir yang merupakan program Bersih-Bersih Kampung bersama BUMN. Ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan INALUM dan Jasa Marga untuk program padat karya tunai bekerjasama dengan warga setempat sejumlah 210 orang di dua tempat sekaligus, yaitu Pasar Gambir dan Pasar Bandar Sakti.

INALUM dan Jasa Marga berharap dengan diadakannya program-program dalam rangka HUT ke-21 Kementerian BUMN ini dapat memberikan kontribusi bukti nyata kehadiran BUMN dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia yang juga dapat memberikan manfaat bagi BUMN secara keseluruhan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER