BNI Kucurkan Dana Rp623 Miliar untuk Ruas Tol Manado-Bitung

BNI Kucurkan Dana Rp623 Miliar untuk Ruas Tol Manado-Bitung

MONITOR, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk memberikan fasilitas kredit modal kerja dana talangan (KMK DTT) untuk proyek jalan tol Manado-Bitung sebesar Rp623,57 miliar.

Kucuran KMK DTT dari BNI ini menambahkan fasilitas serupa yang telah diberikan sebelumnya pada 2017, bersama-sama dengan perusahaan anak BNI, dengan maksimum awal sebesar Rp816 miliar.

General Manager Divisi BUMN & Institusi Pemerintah BNI A.A.G. Agung Dharmawan menuturkan, dengan adanya penambahan tersebut, maka keseluruhan KMK DTT yang diberikan sebesar Rp992 miliar.

“Apabila ditambahkan dengan fasilitas KI dari BNI, PT Jasamarga Manado Bitung mendapatkan total fasilitas sebesar Rp1,6 triliun,” tutur Agung, dalam pernyataan resminya pada, Selasa (17/7).

Adapun total nilai investasi dari jalan tol ruas Manado-Bitung mencapai Rp5,12 triliun dan dibiayai secara sindikasi berupa Kredit Investasi (KI) dari perbankan termasuk BNI sebesar Rp3,59 triliun atau 70% dari project cost.

Porsi BNI dalam pembiayaan sindikasi KI sebesar Rp652 miliar atau setara 18,2% dari porsi sindikasi perbankan yang mencapai Rp3,59 triliun.

Fasilitas KMK DTT ini turut didukung oleh anak perusahaan yaitu BNI Syariah. Sementara, fasilitas KI yang diberikan merupakan hasil sindikasi dari BNI, Bank Mandiri, BCA, PT Sarana Multi Infrastuktur, ICBC Indonesia, BPD Sulselbar, BPD Riau, dan Bank Jateng.

“Tidak hanya kepada Jasamarga Manado Bitung, BNI juga turut memenuhi kebutuhan pembiayaan dari Jasa Marga Group secara keseluruhan. Dalam upaya mendukung pembiayaan infrastruktur di Indonesia, BNI telah menyiapkan tambahan fasilitas hingga Rp6 triliun,” urainya.

Hak pengelolaan jalan tol ini sepanjang 39,9 kilometer ini dipegang oleh PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) perusahaan yang dimiliki oleh tiga BUMN, yaitu PT Jasa Marga, PT Wijaya Karya, dan PT Pembangunan Perumahan.