Terlihat Perempuan Dari Rescue Gamping Berbaur Bantu Satgas TMMD Angkat Material

MONITOR, Sleman – Keterlibatan ibu-ibu sebagai bentuk emansipasi wanita patut diacungi jempol dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-103 yang dilaksanakan Kodim 0732/Sleman di Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Sejumlah ibu-ibu dari rescue Gamping terlibat dalam kegiatan salah satu program TMMD Reguler, yakni pengecoran jalan penghubung Dusun Temuwuh Kidul dan Dusun.Temuwuh Lor sepanjang 1000 meter. Selasa (06/11/18)

Salah satunya adalah Partinah (48), warga setempat. Bersama warga Desa Balecatur lainnya mereka membantu personel TNI yang terlibat dalam program TMMD tersebut. Tidak ada sekat antar mereka. Bahkan sesekali sambil bekerja mereka bercanda. Bahkan kerap terjadi keributan kecil yang berujung dengan tertawa bersama.

Saat istirahat sejenak atau istirahat siang mereka pun masih melanjutkan canda, sambil menikmati santap siang ala kadarnya. “Kami memiliki tenaga untuk membantu Bapak-bapak TNI mengecor jalan,” kata Partinah.

Pratu Nanang, salah satu personel TNI Satgas TMMD Reguler ke 103 dari Batalyon Infanteri 403/Wp yang mendapat tugas mengerjakan pengecoran itu, kerap bersinggungan dengan warga yang ikut membantu. ”Serasa berada dalam keluarga, bisa bercanda dan bekerja bersama. Saya juga orang desa, jadi merasa berada dalam satu keluarga,” kata Pratu Nanang.

Dibukanya jalan penghubung Dusun Temuwuh Kidul dan Dusun Temuwuh Lor, diharapkan meningkatkan akses transportasi dan ekonomi masyarakat setempat.