Cara Rutan Rangkasbitung Peringati Hari Kebangkitan Nasional

Petugas dan Napi Rutan Rangkasbitung saat melakukan kerja bakti dalam rangka memperingati Harkitnas 2018 (Foto: Humas Rutan Rangkasbitung)

MONITOR, Rangkasbitung – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Rutan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Provinsi Banten menggelar apel pagi Bakti Kepada Negeri Merah Putih Narapidana di lapangan serba guna Rutan Rangkasbitung.

Kegiatan itu tak hanya petugas rutan, namun para penghuni rumah tahanan tersebut juga mengikuti apel yang dipimpin langsung oleh Kasubdit pembinaan kepribadian Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bapak Zaenal.

Petugas dan Napi Rutan Rangkasbitung saat melakukan kerja bakti dalam rangka memperingati Harkitnas 2018 (Foto: Humas Rutan Rangkasbitung)

“Bertepatan dengan hari kebangkitan nasional, kita memulai kegiatan bakti kepada negeri merah putih narapidana yang akan menjadi sebuah rangkaian kegiatan dan sequence dengan peringatan hari Nasional lainnya, mari kita jadikan ini sebagai ladang ibadah dimana yg lain saat ini mungkin sedang tidur dan bermimpi kita disini melaksanakan perintah pimpinan didasari niat ibadah, kerja bakti membersihkan lingkungan dan pengecatan gedung kantor, jika ingin kantor bersih tidak bisa dilakukan dengan bermimpi tetapi harus kita kerjakan oleh karena itu kita disini” amanat Zaenal di Rangkasbitung, Minggu (20/5).

Pegawai Rutan dan Napi saat melakukan apel dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas)

Usai apel, petugas dan narapidana melanjutkan kegiatan kerja bhakti bersama berupa kebersihan lingkungan dan membantu pengerjaan fasilitas kantor dan fasilitas umum diwilayah kabupaten lebak, hal ini sesuai dengan surat edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan nomor PAS-05.OT.02.01 Tahun 2018 tentang Standarisasi Warna Bangunan Gedung UPT Pemasyarakatan.

“ini adalah ungkapan rasa syukur kami, dengan menggelorakan semangat gotong royong dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional” ucap Kepala Rutan Aliandra Harahap melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

“Secara serentak kegiatan ini dilakukan oleh seluruh upt Pemasyarakatan di Indonesia, kami menggelorakan kembali semangat gotong royong yang sejak lama telah menjadi way of life dalam kehidupan bangsa Indonesia, alhamdulillaah meski sedang puasa petugas Rutan Rangkasbitung yang sebagian besar harusnya libur tetap hadir dengan semangat penuh” tambahnya

“untuk membangkitkan semangat nasionalisme, dibutuhkan kerjasama semua pihak. Pagi ini bertepatan dengan hari kebangkitan nasional kita di beri kesempatan untuk mebuktikan bakti terhadap negeri dengan menanamkan sikap gotong royong antara petugas pemasyarakatan dengan warga binaan pemasyarakatan, alhamdulillaah senang rasanya dapat bekerja sama dalam acara kali ini, walau keringetan inshaallaah kuat puasanya” ungkap Hilman, salah satu pegawai yang saat ini menjabat sebagai kasubsi pengelolaan Rutan Rangkasbitung.

Pilar merah hati dan tembok keliling yang dihiasi cat abu-abu muda, menambah ragam nilai tata ruang kota menjadi lebih menarik. Tak ayal letaknya yang strategis membuat kota Rangkasbitung terlihat semakin keren.