Rabu, 8 Mei, 2024

Polisi Sita Ratusan Kilogram Bahan Peledak dan Ribuan Petasan di Tangsel

MONITOR, Tangerang Selatan – Polres Tangerang Selatan menyita ratusan kilogram bahan baku peledak jenis potasium dan ribuan petasan siap edar jenis mercon, Selasa (19/12/2017).

Dikutip dari laman ntmcpolri.info, bahan peledak dan petasan tersebut disembunyikan di dalam tempat sampah. Barang-barang tersebut diamankan dalam empat bungkusan karung besar berisi potasium dengan masing-masing berat 25 kg dan empat ikat besar kertas sebagai bahan dasar pembuatan petasan. Barang-barang tersebut diperoleh polisi dari hasil operasi selama tiga hari berturut-turut di wilayah Pagedangan, Kelapa Dua, dan Ciputat Timur.

“Dari hasil operasi ini selama 3 hari, kami berhasil mengamankan kurang lebih 100 kilo bahan baku untuk membuat petasan mercon, serta yang sudah jadi sebanyak kurang lebih 4.000 mercon,” ungkap Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Fadli Widiyanto dalam keterangannya di Mapolres Tangsel, Rabu (20/12).

Fadil menambahkan, selain mengamankan barang baukit, dari razia tersebut pihak kepolisian juga menjerat dua orang tersangka pemilik dan pembuat barang-barang berbahaya tersebut.

- Advertisement -

“Ada 2 tersangka yang satu sudah terbiasa membuat dari mulai tahun 2001, sedangkan yang satu lagi mulai tahun 2005,” katanya.

Polisi mengatakan kedua pelaku tersebut terancam dikenakan pasal dalam UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan maksimal seumur hidup.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER