Selama Asian Games Sekolah di Jakarta Akan Diliburkan!

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mengkaji meliburkan sekolah selama Asian Games

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta sepertinya tidak ingin ada titik kemacetan lalu lintas macet selama gelaran Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang. Sebab itu, Pemprov DKI tengah berupaya mencari cara agar tidak ada titik kemacetan terutama jalan menuju venue.

Setelah memperluas area ganjil-genap bagi kendaraan roda empat, Pemprov DKI juga tengah menganalisa aktifitas warga Jakarta yang dianggap menyumbang kemacetan. Salah satunya, kegiatan ke sekolah.

Memang, lalu lintas di Jakarta terlihat sedikit lengang ketika aktifitas belajar-mengajar tengah libur. Itu karena, kendaraan yang melakukan antar-jemput ke sekolah rata-rata off. “Memang lagi dikaji,” ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jumat (20/7/2018).

Bus antar-jemput pelajar di Jakarta

Namun, Anies mengaku pihaknya masih harus bertemu dengan pihak Polda Metro Jaya. Anies juga butuh analisa dari Polda Metro Jaya terkait upaya meminimalisir kemacetan selama Asian Games.

“Hari ini lagi diuji, nanti kita lihat karena kita bersepakat untuk minggu lalu saya ketemu Dirlantas Polda Metro kesimpulannya periksa lagi pada saat anak-anak sekolah dan hari ini diperiksa lagi,” lanjutnya.

Mantan Mendikbud ini melanjutkan, kebijakan yang digodok bersama pihak kepolisian tidak hanya soal arus lalu lintas. “PR kita buka hanya soal lalin tapi juga penurunan polusi udara. Jadi nanti kita lihat anak sekolah pada jumlah kendaraan dan polusi udara karena termasuk sangat tinggi,” terangnya.

“Dan ganjil genap adalah kebijakan untuk turunkan polusi emisi kemudian kita juga berharap nanti di dalam kajian ini bisa dilihat apakah kenadraan ini anak sekolah ada dampak atau tidak jadi emisi,” pungkasnya.