Lantik Lima Wali Kota dan Bupati Jakarta, Ketua DPRD : Sudah Melalui Fit and Propert Test

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi

MONITOR, Jakarta – Hari ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik lima wali kota dan satu bupati, pergantian wali kota dan bupati ini sudah melalui fit and propert test wakil rakyat Jakarta.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi membenarkan pihaknya baru saja fit and propertest kepada lima orang calon wali kota dan satu orang bupati.

“Atas permintaan Gubernur, kami sudah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap para calon yang diajukan kepada kami,” ujar Prasetio, di Jakarta, Kamis (5/7).

Pada fit and protest tersebut, Pras menambahkan pertanyaan yang diajukan kepada para calon, yaitu hanya pertanyaan simpel saja.

“Contohnya, para wali kota dan bupati saat ini rata-rata sudah bekerja dengan baik, lalu apa yang akan dilakukan mereka sebagai penerusnya, kira-kira pertanyaan tersebut mendasar. Selain itu, kami juga mengecek golongan kepangkatan dan perjalanan karir mereka yang tampaknya memenuhi syarat semua. Golongan mereka minimal 4B dan pernah menjadi Sekretaris Kota (Sekko) maupun Wakil Walikota.

Menurutnya Pras, dari keenam calon ini sudah memenuhi syarat dan bisa dinyatakan telah lolos fit and propertest.

“Hasil uji ini akan langsung kami sampaikan ke Gubernur dan kemungkinan pelantikan jabatan lima wali kota dan satu bupati akan dilakukan secepatnya. Bisa esok hari atau beberapa hari ke depan,” jelas Pras.

“Ada dua wali kota yang siap paripurna tugas sehingga jabatan itu harus segera diisi dan sekaligus dibarengi dengan penggantian pejabat lainnya,” jelas Pras.

Diketahui bahwa pergantian wali kota ini kemungkinan adalah pergantian besar, karena bersamaan dengan perombakan jabatan besar-besaran di tingkat eselon dua dan tiga.

Adapun enam orang yang mengikuti fit and propertes adalah Wakil Walikota Jakpus Bayu Meghantara sebagai calon Walikota Jakpus, Asisten Deputi Gubernur Bidang Kependudukan Marulah Matali sebagai calon Walikota Jaksel, Wakil Walikota Jaktim Anwar sebagai calon Walikota Jaktim, Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Rustam Effendi sebagai calon Walikota Jakbar, Kepala BKD Syamsudin Lologao sebagai calon Walikota Jakut, dan Walikota Jakut Husein Murod sebagai calon Bupati Kepulauan Seribu.