Kamis, 28 Maret, 2024

Menag Siap Eksekusi Tambahan Kuota Haji 10 Ribu dari Kerajaan Saudi

MONITOR, Jakarta – Penambahan kuota jamaah haji Indonesia sebanyak 10 ribu disambut baik oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Kepada awak media, Lukman mengatakan pihaknya siap mengeksekusi tawaran dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi itu.

Ia pun berjanji akan “all out”
merealisasikan penyiapan pengadaan fasilitas pelayanan dan segala sesuatunya untuk mengeksekusi tambahan 10.000 kuota jamaah haji Indonesia.

“Pada dasarnya kami di Kementerian Agama akan all out merealisasikan penyiapan pengadaan fasilitas pelayanan dan segala sesuatunya untuk tambahan 10.000 kuota jamaah haji kita,” ujar Menteri Lukman baru-baru ini.

Konsekuensinya, lanjut dia, perlu adanya tambahan anggaran karena adanya penambahan jumlah jemaah haji, tentunya juga membutuhkan penambahan petugas karena adanya penambahan jamaah, tentu kloter nya akan bertambah, tentu petugas petugas kloter itu pun juga bertambah.

- Advertisement -

“Jadi ini yang nanti sebagian akan didapatkan dari BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji), sebagian juga dari efisiensi yang dilakukan oleh Kementerian Agama, dan terakhir tentu dari APBN khususnya untuk membiayai petugas-petugas tambahan,” terangnya.

Adapun mengenai tambahan 10 ribu kuota haji yang diperoleh pemerintah, menurut Menag Lukman Hakim Saifuddin, nanti distribusinya tentu secara proporsional akan dibagi kepada seluruh provinsi yang ada, dan prioritas utamanya adalah bagi lansia dan para pendampingnya, dan tentu jamaah yang lain.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER