Kamis, 23 Januari, 2025

Jasa Marga Bersama Menteri BUMN Sampaikan Evaluasi Pelayanan Nataru 2024/2025

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyampaikan evaluasi keberhasilan dalam melayani arus mudik dan balik Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru 2024/2025) kepada Kementerian BUMN, di Jakarta, Rabu (22/01). Jasa Marga juga memaparkan langkah strategis dalam menghadapi arus mudik dan balik Hari Libur Lebaran Tahun 2025. Hal ini merupakan implementasi visi besar Asta Cita Presiden Prabowo Subianto yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas infrastruktur, efisiensi layanan publik, dan percepatan transformasi teknologi serta salah satu wujud nyata kolaborasi antara Jasa Marga dengan berbagai stakeholder.

Sebagai salah satu bagian dari visi pembangunan nasional, Asta Cita Presiden Prabowo menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antar sektor untuk memberikan pelayanan publik yang optimal, aman, dan efisien. Hal ini tercermin dalam keberhasilan pelayanan Nataru 2024/2025 yang didukung penuh oleh Kementerian BUMN melalui arahan strategis untuk meningkatkan kapabilitas infrastruktur, mempercepat digitalisasi, dan memperkuat kerja sama lintas institusi.

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan komitmen Kementerian BUMN dan perusahaan-perusahaan BUMN untuk mewujudkan transportasi yang andal dan inklusif dalam melayani masyarakat khususnya pada periode Hari Lebaran mendatang.

“BUMN harus menjadi pelopor dalam memberikan solusi yang konkret bagi masyarakat, terutama dalam momen penting seperti libur Nataru dan Lebaran. Kementerian BUMN terus mendukung program-program Pemerintah sesuai dengan instruksi Presiden dalam memastikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada masyarakat,” ujar Erick.

- Advertisement -

Erick menambahkan, perusahaan-perusahaan BUMN telah menunjukkan perannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya saat libur Nataru kemarin. Untuk mengantisipasi periode libur Lebaran mendatang, perusahaan-perusahaan BUMN telah melakukan persiapan dan improvement di sektornya masing-masing untuk memaksimalkan pelayanan serta melakukan kolaborasi intensif dengan berbagai pihak yang menjadi kunci keberhasilan dalam memastikan kelancaran perjalanan masyarakat.

Penerapan Traffic Management & pengelolaan rest area berbasis AI, hingga optimalisasi transaksi di gerbang tol menjadi bagian dari strategi Jasa Marga untuk menghadirkan layanan yang optimal dan terintegrasi. Hal ini sesuai dengan fokus Asta Cita Presiden pada akselerasi teknologi untuk efisiensi pelayanan publik.

Selain itu, Jasa Marga juga bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Perhubungan, Kementerian PU, Kepolisian RI, TNI, dan Pemerintah Daerah. Sinergi dengan PLN untuk penyediaan SPKLU di rest area, serta dengan BMKG untuk integrasi informasi cuaca ke dalam Dynamic Message Sign (DMS) turut memperkuat pelaksanaan operasional yang lancar selama Nataru 2024/2025.

Dalam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2025, Jasa Marga akan terus mengedepankan visi pelayanan publik berbasis teknologi dan kolaborasi. Strategi ke depan mencakup percepatan pelebaran jalan tol, peningkatan kapasitas infrastruktur, dan optimalisasi penggunaan platform digital seperti Jasamarga Integrated Digitalmaps (JID).

Direktur Utama Jasa Marga, Subakti Syukur menyatakan “Kami berkomitmen untuk mendukung program prioritas pemerintah dan arahan Kementerian BUMN dalam memberikan pelayanan infrastruktur terbaik, sejalan dengan nilai-nilai Asta Cita. Kolaborasi dengan berbagai pihak akan terus kami perkuat untuk menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan efisien bagi seluruh pengguna jalan,” ujar Subakti.

Subakti juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kontribusinya. “Kepatuhan masyarakat dalam mengikuti aturan lalu lintas dan arahan petugas sangat berperan dalam kelancaran operasional. Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih baik,” tutupnya.

Jasa Marga akan terus menyiapkan strategi operasional dan peningkatan sejumlah pelayanan di jalan tol milik Jasa Marga Group sebagai upaya untuk menjaga Standar Pelayanan Minimal (SPM) tetap optimal dan mengantisipasi potensi kepadatan yang terjadi selama arus keluar dan balik periode Lebaran mendatang termasuk meningkatkan kualitas layanan operasional dengan memperhatikan semua sisi fasilitas guna memberikan pelayanan maksimal kepada para pengendara.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER