Selasa, 30 April, 2024

Airlangga: Pemerintah Tetap Optimis Hadapi Risiko Global

MONITOR, Jakarta – Pemerintah berhasil memastikan pemulihan ekonomi di tahun 2022 berjalan secara efektif meski dalam situasi global yang tidak pasti.

Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah dalam menghadapi ketidakpastian global di tahun 2023 ini, tetap melangkah dengan optimisme meski tetap harus waspada.

Dalam melakukan mitigasi berbagai risiko, pemerintah menyiapkan sejumlah kebijakan utama. Dengan bauran kebijakan fiskal dan moneter yang tepat, seperti UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, Perpu Cipta Kerja, dan pengaturan DHE (Devisa Hasil Ekspor) sumber daya alam (SDA) maka diharapkan akan memberikan kepastian hukum di tengah situasi yang ‘uncertain’.

“Pemerintah juga memperhatikan berbagai kebijakan jangka menengah dan panjang untuk memastikan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi,” ujar Airlangga Hartarto, Rabu (1/3/2023).

- Advertisement -

Beberapa kebijakan yang didorong diantaranya melalui hilirisasi komoditas SDA, mendorong industrialisasi, peningkatan kualitas SDM, serta dengan mempercepat pembangunan IKN.

“Saya mendorong sinergi yang kokoh dan kontribusi terbaik dari kita semua dalam menghadapi berbagai tantangan yang tidak mudah di tahun ini. Pemerintah, masyarakat, investor, pengusaha, asosiasi, perbankan, dan media memiliki peran penting bagi kemajuan dan pembangunan ekonomi Indonesia,” tandasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER