Selasa, 30 April, 2024

Golkar Tagih Janji Politik Wagub DKI Soal Program Pokir

MONITOR, Jakarta – Fraksi Golkar DPRD DKI, menagih janji politik yang pernah dijanjikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Dimana Riza Patria pernah berjanji akan kembali membuka program kegiatan pokok pikiran (pokir) dewan.

“Ya, waktu mau jadi wagub, Riza Patria menjajikan kami program pokir akan dibuka kembali. Nah, sekarang melalui Fraksi Golkar, para anggota dewan menagih janji itu,” ujar Ketua Fraksi Golkar Basri Baco, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/7).

Menurut Baco, program pokir tersebut sangat penting sekali diadakan lagi, mengingat program pokir adalah program kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Pokir adalah kegiatan yang melekat langsung dengan hak kedewanan karena semua diatur undang-undang dan yang merasakan langsung manfaat pokir ini adalah masyarakat,” tegasnya.

- Advertisement -

Dijelaskan, Baco, pokir adalah kegiatan yang diusulkan masyarakat kepada dewan, melalui sejumlah kegiatan dewan seperti reses ataupun kunjungan kerja dewan kesejumlah daerah.

“Jadi pokir ini bukanlah barang haram. Karena sumber usulannya jelas dari masyarakat untuk masyarakat. Dan saya yakin kalau kegiatan pokir ini dijalankan kembali yang senang adalah masyarakat,” terangnya.

Diakui Baco, saat ini ada pihak-pihak yang mencoba menghalang-halangi agar pokir tidak bisa jalan. Bahkan Baco menyebut orang-orang yang mencoba menghalang-halangi pokir adalah orang-orang yang telah dzolim dan mengkebiri hak-hak dewan.

“Dengan tidak adanya pokir, secara tidak langsung kami ini di dzolimi dan hak- hak kami untuk bisa menyuarakan kepentingan masyarakat sudah dikebiri,” tandasnya.

Oleh karenanya kata Baco, dirinya menagih janji Riza Patria yang katanya akan memperjuangkan hak dewan soal pokir.

“Sekaranglah saatnya kami menagih janji itu. Dan dalam waktu dekat ini kami semua ketua fraksi akan menggelar rapat untuk mendorong pokir itu dilaksanakan kembali,” pungkasnya.

Baco pun mengharapkan, kalau kegiatan pokir bisa disiapkan dari tahun ini, sehingga tahun depan bisa direalisasikan.

Sebelumnya dalam rapat peripurna DPRD DKI, saat membacakan pandangan umum Fraksi Golkar, Senin (28/7), anggota Fraksi Golkar Zamaluddin membacakan sebuah pantun dihadapan Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Pantun itu bunyinya, ‘Ikan bawal berenang ke pinggir, dibekukan jadi melintir. Dari awal janjinya ada pokir, segera laksanakan jangan mikir-mikir’.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER