Dirut Jasa Marga, Rivan Achmad Purwantono. (Ist)
MONITOR, Jakarta – Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Rivan Achmad Purwantono memastikan kesiapan layanan operasional di seluruh ruas tol yang dikelola, khususnya pada ruas-ruas tol menuju destinasi wisata, seiring dengan meningkatnya arus lalu lintas pada periode Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru 2025/2026). Rivan menegaskan bahwa Jasa Marga telah menyiapkan langkah-langkah strategis guna memastikan kelancaran, keamanan, dan kenyamanan perjalanan masyarakat selama periode libur panjang akhir tahun.
“Jasa Marga berkomitmen penuh untuk menghadirkan layanan operasional yang optimal, terutama pada ruas tol menuju kawasan wisata yang diperkirakan mengalami peningkatan. Seluruh kesiapan telah kami pastikan, baik dari sisi operasional layanan, sumber daya manusia, hingga dukungan teknologi digital guna memastikan mobilitas nasional yang aman dan lancar,” ujar Rivan.
Rivan menjelaskan, Jasa Marga telah melakukan penguatan layanan di sejumlah ruas tol favorit tujuan wisata, seperti ruas Trans Jawa, Trans Sumatra, serta akses menuju kawasan wisata unggulan. Penguatan tersebut meliputi optimalisasi gardu tol, kesiapan armada layanan jalan tol, pengaturan lalu lintas secara situasional, hingga kesiapsiagaan petugas di lapangan selama 24 jam.
Selain itu, Jasa Marga juga mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dan sistem manajemen lalu lintas terintegrasi melalui Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) untuk memantau kondisi lalu lintas secara real-time serta mendukung pengambilan keputusan cepat dan tepat di lapangan. “Melalui koordinasi intensif dengan Kepolisian, Kementerian Perhubungan, serta para pemangku kepentingan terkait, kami siap menerapkan rekayasa lalu lintas apabila diperlukan, guna menjaga kelancaran arus kendaraan menuju dan dari destinasi wisata,” lanjut Rivan.
Jasa Marga mencatat pada H1 libur Hari Raya Natal 2025 atau pada Kamis, 25 Desember 2025 pukul 06.00 WIB s.d Jumat, 26 Desember 2025 pukul 06.00 WIB lalu lintas meninggalkan Jabotabek di empat GT Utama tercatat mencapai 184.373 kendaraan atau meningkat 28,39% dari lalin normal (143.602 kendaraan). Jasa Marga juga mencatat adanya pergerakan arus kendaraan menuju arah Trans Jawa dan Bandung pada Kamis, (25/12) di GT Cikampek Utama, sebanyak 57.555 kendaraan meningkat 98,10% dari lalin normal (29.054 kendaraan) dan GT Kalihurip Utama, sebanyak 46.270 kendaraan meningkat 58,85% dari lalin normal (29.129 kendaraan).
Sementara itu, secara keseluruhan pada periode H-7 s.d H1 atau pada Kamis, 18 Desember 2025 pukul 06.00 WIB s.d Jumat, 26 Desember 2025 pukul 06.00 WIB libur Hari Raya Natal 2025 sebanyak 1.380.179 kendaraan meninggalkan Jabotabek melalui empat Gerbang Tol (GT) Utama, angka ini meningkat 17,90% dari lalin normal (1.170.627 kendaraan).
Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek menuju ke tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 663.933 kendaraan (48,1%) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 398.173 kendaraan (28,8%) menuju arah Barat (Merak) dan 318.073 kendaraan (23,0%) menuju arah Selatan (Puncak). Adapun rincian distribusi lalin adalah sebagai berikut:
ARAH TIMUR (TRANS JAWA & BANDUNG)
ARAH BARAT (MERAK)
Lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 398.173 kendaraan, naik sebesar 1,51% dari lalin normal.
ARAH SELATAN (PUNCAK)
Sementara itu, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 318.073 kendaraan, naik sebesar 6,27% dari lalin normal.
Jasa Marga optimis mendukung pergerakan masyarakat selama Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 secara aman, nyaman dan lancar dengan menjunjung prinsip berkeselamatan dan berkesinambungan. Terlebih menggunakan moda transportasi jalur darat melalui jalan tol masih menjadi favorit masyarakat dalam melakukan mobilitas nasional.
Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mengantisipasi perjalanan periode libur Nataru 2025/2026 dengan baik. Sebelum memasuki jalan tol, gunakan aplikasi Travoy untuk membantu merencanakan waktu perjalanan, pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, menghindari jam-jam puncak arus lalu lintas, manfaatkan waktu dengan bijak untuk beristirahat di rest area , memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan.
Pantau kondisi lalu lintas melalu CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, akun X @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.
MONITOR, Jakarta - Gerakan Kebangkitan Baru Nahdlatul Ulama (GKB-NU) menyampaikan apresiasi atas hasil konsultasi antara…
MONITOR, Jakarta - Siang itu, suasana Kantor Wilayah Kementerian Haji dan Umrah DKI Jakarta tampak…
MONITOR, Jakarta - Wakil Menteri Pariwisata (Wamenpar) Ni Luh Enik Ermawati, yang akrab disapa Ni…
MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI, Sudjatmiko mengapresiasi capaian penjualan tiket Kereta Api…
MONITOR, Jakarta - Alat berat yang disewa dengan bantuan Kementerian Agama mempercepat proses penanganan madrasah…
MONITOR, Jakarta - Dua lokasi pembangunan Kampung Nelayan Merah Putih di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah…