MONITOR, Medan – Dalam rangka mewujudkan pelayanan sepenuh hati bagi pengguna Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) dan Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), Jasa Marga Group kembali menggelar temu pelanggan di Grand Andaliman Hall, Kota Medan, Rabu (19/11).
Dengan mengangkat tema “Layanan Sigap, Perjalanan Mantap”, Jasa Marga menegaskan komitmen untuk menghadirkan pelayanan jalan tol yang aman, nyaman, lancar dan berkeselamatan di Medan Raya melalui respon sigap dan tepat petugas operasional Jasa Marga dengan didukung sarana dan prasarana bidang transaksi, lalu lintas, preservasi, rest area dan informasi.
Dalam penyelenggaraan kegiatan temu pelanggan tahun ini, Jasa Marga mengundang peserta perwakilan dari berbagai latar belakang yaitu kepala lingkungan di sekitar wilayah Jalan Tol Belmera dan MKTT, organisasi angkutan darat, asosiasi logistik, perusahaan otobus, komunitas kendaraan, dan angkutan barang.
Hadir dalam kegiatan temu pelanggan tahun ini, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Rivan A. Purwantono; Direktur Bisnis PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Reza Febriano; Direktur Operasi dan Layanan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Fitri Wiyanti; Senior Manager Representative Office 1 JNT, Ahmad Fikri; Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol, Thomas Dwiatmanto; Direktur Keuangan PT Jasamarga Kualanamu Tol, Rianto Mirin; dan para senior leader Jasa Marga Group.
Hadir sebagai narasumber yaitu Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Aan Suhanan; Asisten Daerah Bidang Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Provinsi Sumatra Utara, Effendy Pohan; Kepala Satuan Polisi Jalan Raya Ditlantas Polda Sumatra Utara, AKBP Dhery Fajariandono; serta Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Utara, Angsoka Yorintha Paundralingga.
Dalam pembukaan acara, Tyas Pramoda Wardhani selaku Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT/Regional Nusantara) menyatakan bahwa kegiatan temu pelanggan yang dilaksanakan secara rutin ini bertujuan untuk menggali aspirasi, membangun potensi kolaborasi, serta merumuskan langkah perbaikan yang relevan di setiap ruas tol yang dikelola. “Temu pelanggan ini sejalan dengan komitmen Jasa Marga dalam melayani sepenuh hati untuk mewujudkan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengguna jalan tol,” ungkap Tyas.
Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Rivan A. Purwantono, dalam keynote speech menyampaikan upaya yang telah dilakukan Jasa Marga untuk menangani isu yang ada di jalan tol, salah satunya dengan mengembangkan aplikasi Travoy. Dengan mengusung konsep super-app, Travoy dilengkapi dengan fitur-fitur yang memungkinkan pengguna jalan untuk mengetahui kondisi jalan tol melalui CCTV realtime, informasi lalu lintas dan rest area, derek online, top-up digital, hingga call center 14080. “Jasa Marga berupaya untuk mewujudkan transformasi layanan dari infra as a structure, menjadi infra as a culture,” terang Rivan.
Dalam kesempatan ini, Aan Suhanan selaku Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan menjelaskan strategi penanganan kendaraan Over Dimension dan Over Loading (ODOL) sebagai salah satu fokus Pemerintah dalam mewujudkan keselamatan di jalan tol melalui penegakan hukum dan integrasi teknologi Weigh in Motion (WIM), yang juga diimplementasikan di ruas tol milik Jasa Marga Group.
“Kendaraan ODOL tidak hanya merugikan infrastruktur, tapi juga berbahaya bagi pengguna jalan yang lain karena lebih rentan kehilangan keseimbangan. Oleh karena itu, hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama,” jelas Aan.
Paparan berikutnya disampaikan oleh Asisten Daerah Bidang Pembangunan dan Ekonomi Provinsi Sumatra Utara, Effendy Pohan terkait peran infrastruktur jalan tol dalam mendorong eknomi, distribusi logistik, dan wisata di Sumatra Utara, khususnya di area Medan. Sebagaimana diketahui, Jalan Tol Belmera dan MKTT terhubung dengan jalan tol lain dan merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). “Dibutuhkan strategi intervensi yang bersifat lintas sektor untuk memastikan jalan tol benar-benar menjadi pendorong pertumbuhan wilayah,” ungkap Effendy.
Selanjutnya, Ditlantas Polda Sumatra Utara menjelaskan terkait pentingnya berkendara secara aman di jalan tol, di antaranya dengan memperhatikan rambu dan kelengkapan serta kesiapan sebelum berkendara. Selain itu, AKBP Dhery Fajriandono juga mengimbau kepada para peserta kegiatan, khususnya anggota komunitas agar saling mengingatkan satu sama lain untuk tertib berkendara khususnya di jalan tol.
Adapun narasumber dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara menekankan pentingnya mengecek saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Di era yang serba digital, pembayaran melalui uang elektronik sudah menjadi kebiasaan baru, sehingga cara top-up uang elektronikpun menjadi sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja.
Temu pelanggan tahun ini turut mengundang Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Provinsi Sumatra Utara, Kombes. Pol. Firman Darmansyah; Kepala Kantor Wilayah Jasa Raharja Sumatra Utara, Nasjwin Andi Nurdin; Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Provinsi Sumatra Utara, M. Thahura; Kepala Unit 2 PJR Ruas Tol Belmera, Yahudi; serta Kepala Unit 4 PJR Ruas Tol MKTT, Idra J. Girsang.
Menjelang akhir acara, Direksi PT Jasa Marga (Persero) Tbk beserta narasumber dan perwakilan komunitas melakukan penandatanganan komitmen tertib berlalu lintas sebagai wujud dukungan terhadap keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan tol. Kegiatan temu pelanggan diakhiri peninjauan kendaraan operasional Ruas Tol Belmera dan MKTT.
Untuk informasi terkini di Ruas Tol Belmera dan MKTT dapat diakses melalui media sosial Instagram @official.jmnusantara dan @official.jmktt. Apabila memerlukan bantuan selama berkendara di Ruas Tol Belmera dan MKTT, segera hubungi One Call Center Jasa Marga 24/7 melalui nomor 14080, serta aplikasi Travoy.
MONITOR, Tulungagung - Upaya Kementerian Agama dalam memperkuat tata kelola pendidikan pesantren memasuki tahap strategis…
MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Gilang Dhielafararez menegaskan bahwa penambahan aturan 'pengamatan…
MONITOR, Jateng - Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memperkuat ekosistem rantai pasok industri…
MONITOR, Jakarta - Komandan Batalyon Yonif Para Raider 501/BY Divisi 2 Kostrad Letkol Inf I…
MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Yahya Zaini menyoroti temuan adanya peserta…
MONITOR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus menyebar-luaskan hasil inovasi teknologi para penyuluh…