BUMN

Dorong Penerapan SMK3 yang Produktif, Jasa Marga Gelar Apel Peringatan Bulan K3 Nasional 2025

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. resmi menggelar apel peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2025 secara hybrid di Ruang Kompeten-Kolaboratif, Kantor Pusat Jasa Marga, Jakarta, pada Kamis (16/1). Dengan tema “Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) untuk Meningkatkan Produktivitas”, kegiatan ini menjadi wujud nyata komitmen Jasa Marga dalam mengutamakan aspek keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan perusahaan.

Apel tersebut dihadiri langsung oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Pramitha Wulanjani, Corporate Secretary and Chief Administration Officer Ari Wibowo, Risk & QHSE Group Head Devi Lusyana, Ketua P2K3 Kantor Pusat Windharti Amelia, jajaran BOD-1, serta para Roadster Jasa Marga.

Dalam sambutannya, Pramitha Wulanjani menyampaikan amanat Bulan K3 Nasional yang mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) RI Nomor 316 Tahun 2024 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2025. Ia menekankan pentingnya penerapan SMK3 di seluruh unit kerja Jasa Marga Group untuk memenuhi kewajiban hukum sekaligus menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

“Penerapan SMK3 yang optimal tidak hanya menciptakan keamanan dan kesehatan kerja, tetapi juga mendukung keberlanjutan perusahaan melalui peningkatan produktivitas karyawan, reputasi perusahaan yang baik, serta pengurangan biaya akibat penyakit dan kecelakaan kerja,” ujar Pramitha.

Pramitha juga menekankan pentingnya kolaborasi dan komitmen bersama dalam mendukung rangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional 2025.

“K3 adalah pilar penting dalam mendukung pembangunan nasional. Oleh karena itu, budaya K3 harus menjadi fokus utama agar kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan lebih produktif,” tambahnya.

Bulan K3 Nasional Tahun 2025 berlangsung serentak pada 12 Januari hingga 12 Februari 2025 di seluruh Indonesia. Dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kepatuhan norma K3, dan implementasi K3 dalam era digital ekonomi, program ini juga bertujuan mencetak sumber daya manusia unggul dan berdaya saing tinggi.

Ke depannya, Jasa Marga menargetkan peningkatan penerapan nilai-nilai K3 di seluruh unit kerja, regional division, dan entitas anak perusahaan untuk memastikan keberlangsungan usaha dan produktivitas perusahaan secara berkelanjutan. Hal ini mencerminkan komitmen Jasa Marga sebagai BUMN yang terus berinovasi dalam menciptakan infrastruktur jalan tol yang aman, efisien, dan berkelanjutan.

Recent Posts

Jasa Marga Catat 363 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabotabek Pada Libur Panjang Hari Raya Waisak 2025

MONITOR, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat sebanyak 363.799 kendaraan kembali ke wilayah…

2 jam yang lalu

Menteri UMKM Tegaskan Bertanggung Jawab Atas Kasus Mama Khas Banjar

MONITOR, Kalsel - Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Maman Abdurrahman menegaskan bertanggung jawab…

3 jam yang lalu

Tanpa TPL, Siap-siap Hadapi Dampak Finansial yang Mengerikan

MONITOR, Jakarta - Bagi pemilik kendaraan bermotor di Indonesia, penting untuk mengetahui bahwa pemerintah sedang…

4 jam yang lalu

IHC Perkuat Sistem Tata Kelola Klinis Berbasis Etika Profesi

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina Bina Medika IHC (IHC), sebagai Holding Rumah Sakit BUMN yang membawahi…

5 jam yang lalu

Kemenkes Andalkan Sistem Satu Data Kesehatan untuk Pantau Kondisi Jemaah Haji Secara Real Time

MONITOR, Jakarta - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan mengandalkan sistem satu data kesehatan jemaah untuk…

6 jam yang lalu

Fikih Hijau Jadi Instrumen Teologis Negara Muslim Jawab Masalah Lingkungan

MONITOR, Jakarta - Persoalan lingkungan menjadi tantangan pelik di hampir semua negara. Negara-negara Muslim sejatinya…

7 jam yang lalu