BUMN

Jasa Marga Sukses Pertahankan Predikat Informatif dalam Ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2024

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai salah satu badan publik berhasil mempertahankan predikat tertinggi ‘Informatif’ dalam ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2024 untuk kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penghargaan ini diberikan oleh Komisi Informasi Pusat (KIP) di Jakarta, pada Selasa (17/12). Dengan nilai akhir 97,19, Jasa Marga berhasil mempertahankan predikat tertinggi Informatif, menunjukkan komitmennya terhadap prinsip berkelanjutan dalam memberikan layanan informasi kepada publik.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga, M. Agus Setiawan, yang menegaskan bahwa pencapaian ini merupakan bukti nyata dedikasi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat secara cepat, akurat, dan berorientasi pada keberlanjutan.

“Pencapaian ini adalah hasil dari komitmen Jasa Marga dalam memberikan pelayanan informasi publik yang inovatif dan sesuai kebutuhan masyarakat. Kami terus mendukung transformasi keterbukaan informasi melalui berbagai inisiatif strategis yang memastikan aksesibilitas informasi bagi publik,” ujar Agus.

Jasa Marga menunjukkan peningkatan performa yang konsisten dalam empat tahun terakhir. Pada 2021 dan 2022, perusahaan meraih predikat Menuju Informatif sebelum akhirnya mencapai kategori Informatif pada 2023 dengan nilai 96,69. Tren positif ini terus berlanjut pada 2024 dengan peningkatan nilai menjadi 97,19.

Predikat Informatif ini diperoleh berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap implementasi Keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan oleh Jasa Marga dalam satu tahun terakhir. Sejumlah indikator untuk pengembangan inovasi dan juga strategi dalam rangka melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik yang berkelanjutan menjadi aspek penilaian Badan Publik baik dalam pengisian Self Assessment Questionnaire (SAQ) maupun tahap presentasi.

Jasa Marga hingga saat ini telah mengintegrasikan layanan Mobile Apps PPID dan situs e-PPID untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi perusahaan. Dengan platform ini, informasi dapat diakses secara daring melalui perangkat seluler, memastikan kemudahan dan kecepatan bagi publik.

Sebagai bagian dari komitmennya terhadap transparansi, Jasa Marga juga memanfaatkan teknologi seperti Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC). JMTC mengintegrasikan layanan pengelolaan jalan tol dan informasi lalu lintas berbasis teknologi Intelligent Transport System (ITS). Informasi lalu lintas real time ini disampaikan melalui One Call Center 14080 dan aplikasi Travoy, menjadikan Jasa Marga sebagai pelopor dalam pelayanan informasi lalu lintas terkini.

Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro, mengapresiasi pencapaian Badan Publik yang berhasil meraih predikat Informatif. “Peningkatan jumlah Badan Publik Informatif setiap tahun adalah bukti keseriusan dalam mewujudkan transparansi informasi. Semoga prestasi ini dapat memotivasi Badan Publik lainnya untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasi,” ujarnya.

Selain keterbukaan informasi, Jasa Marga juga mengedepankan edukasi dan kampanye keselamatan berkendara. Program seperti Safety Riding dan Road Safety Rangers rutin dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan di jalan tol. Selain itu, kegiatan Temu Pelanggan melibatkan komunitas dan pengguna jalan guna memastikan pelayanan jalan tol yang optimal.

Dengan inovasi digital, komitmen terhadap transparansi, dan edukasi masyarakat, Jasa Marga terus berupaya memberikan nilai tambah bagi publik. Penghargaan ini semakin memperkuat posisi Jasa Marga sebagai perusahaan jalan tol terdepan yang mengutamakan pelayanan berkualitas dan mendukung transformasi keterbukaan informasi publik di Indonesia.

Jasa Marga berkomitmen menjadi perusahaan yang tidak hanya unggul dalam operasional jalan tol, tetapi juga konsisten mengintegrasikan aspek keberlanjutan dalam setiap langkah Perseroan. Melalui dedikasi pada infrastruktur keberlanjutan dan tata kelola yang baik, Jasa Marga terus berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia.

Recent Posts

DPR Minta Pemerintah Identifikasi Sebab Kerugian Sebelum Tutup BUMD yang Rugi

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi II DPR RI Ahmad Irawan mengingatkan Pemerintah untuk tidak tergesa-gesa…

2 jam yang lalu

Pertamina Group Siaga Layani Masyarakat Saat Nataru 2024-2025

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina (Persero) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Natal dan Tahun Baru (Nataru)…

4 jam yang lalu

Mentan Amran dan Panglima TNI Perkuat Kolaborasi Wujudkan Swasembada Pangan

MONITOR, Jateng - Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyampaikan apresiasi terhadap totalitas jajaran TNI…

4 jam yang lalu

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Wafat saat Bertugas, Sekjen: Semoga Syahid

MONITOR, Jakarta - Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan Muh. Tonang, wafat saat menjalankan tugas…

4 jam yang lalu

Soroti Political Will Regulator, Waka DPR: Pinjol Sudah Mengancam Nyawa Rakyat!

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menyoroti banyaknya kasus bunuh diri…

6 jam yang lalu

DPR Nilai Proses Pemindahan Napi Bali Nine Ditutup-tutupi

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi XIII DPR RI Andreas Hugo Pareira menilai proses pemindahan…

6 jam yang lalu