Senin, 28 Oktober, 2024

Momentum Hari Sumpah Pemuda, Prof Masyitoh Dorong Pemberdayaan Perempuan

MONITOR, Jakarta – Dalam momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati pada setiap tanggal 28 Oktober, Prof. Dr. Masyitoh Chusnan mengajak segenap elemen bangsa untuk terus menggelorakan semangat perjuangan membangun bangsa, tak terkecuali para perempuan di negeri ini.

Prof. Masyitoh menyatakan, sinergisitas seluruh elemen bangsa termasuk kalangan perempuan dibutuhkan untuk mencapai suatu kemajuan bersama-sama, sebagaimana tema yang diusung pada peringatan Sumpah Pemuda tahun 2024 yakni “Maju Bersama Indonesia Raya”.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) periode 2006-2014 ini menegaskan, pemberdayaan perempuan merupakan salah satu pilar utama untuk mewujudkan kemajuan suatu bangsa.

Ia menekankan, pemberdayaan perempuan harus masif digiatkan untuk meningkatkan kapasitas diri perempuan, sehingga mereka dapat turut berkiprah dalam semua lini pembangunan di Indonesia termasuk dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

- Advertisement -

“Dalam semangat Sumpah Pemuda, saya hadir bersama KOWANI dengan visi besar untuk memberdayakan perempuan sebagai pilar utama pembentukan generasi muda yang maju, melalui tagline “Generasi Muda Maju: Lahir dari Perempuan Maju,” ucap Prof. Masyitoh, Senin (28/10/2024).

Menurut Prof. Masyithoh, bangsa ini membutuhkan peran perempuan dalam mencetak generasi yang kuat, cerdas dan berdaya saing.

Selain mendorong pemberdayaan perempuan, Prof. Masyitoh yang merupakan Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah juga aktif mengawal dan memperjuangkan pendidikan anak usia dini. Hal ini terlihat dari kiprahnya menginisiasi pendirian HIMPAUDI (Himpunan Pendidik Anak Usia Dini).

Lebih lanjut, sosok inspiratif yang memiliki berbagai pengalaman di kancah nasional dan internasional dalam bidang gender, pendidikan, dan budaya ini menekankan perempuan yang maju dan mandiri akan menjadi fondasi kokoh bagi kemajuan generasi muda, yang akan meneruskan estafet perjuangan bangsa.

“Mari bergerak bersama, membawa perubahan nyata untuk perempuan Indonesia, demi lahirnya generasi muda yang berprestasi dan berintegritas tinggi,” seru kandidat Ketua Umum KOWANI ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER