HUKUM

DPR Nilai Penunjukan Budi Gunawan Tepat Dengan Visi Politik Keamanan Prabowo

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Dave Lakson mengapresiasi penunjukan Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menjadi Menteri Koordinator Politik dan Keamanan (Menkopolkam) oleh Presiden Prabowo Subianto. Ia meyakini tim yang dipimpin Budi Gunawan berakar pada keahliannya dalam mengelola lembaga strategis seperti Badan Intelijen Negara (BIN) sebelumnya, serta pengalaman panjangnya dalam bidang keamanan.

“Dengan latar belakang tersebut, Budi Gunawan dipandang mampu memimpin koordinasi kementerian-kementerian strategis yang berkaitan dengan keamanan dalam negeri dan luar negeri, reformasi birokrasi, serta isu komunikasi dan digital, yang semakin krusial di era globalisasi dan disrupsi teknologi,” kata Dave dalam keterangannya, Senin (21/10/2024).

Dave mengaku mengenal sepak terjang Budi Gunawan sebelumnya sebagai Kepala BIN selama menjadi mitra Komisi I DPR RI sejak tahun 2016 hingga diberhentikan tanggal 15 Oktober 2024 dan digantikan Herindra. “Menkopolkam Budi Gunawan dan timnya di Kemenko Polkam diproyeksikan akan memainkan peran kunci dalam mengawal kebijakan strategis yang dirancang oleh Presiden Prabowo, termasuk penguatan TNI-Polri, modernisasi alutsista, dan diplomasi strategis di kawasan,” tambah Politisi Fraksi Partai Golkar.

Terlebih, kata dia, dengan tidak lagi membebani kementeriannya dengan masalah hukum, tim ini dapat berfokus sepenuhnya pada keamanan dan politik dalam negeri, memastikan terjaganya ketertiban umum dan keamanan nasional dalam segala situasi.

“Visi politik keamanan Presiden Prabowo terlihat jelas dalam pembentukan dua kementerian ini, yang menunjukkan bahwa ia ingin memastikan bahwa masalah keamanan dan stabilitas politik di dalam negeri dapat dikelola secara lebih terfokus dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Prabowo dikenal memiliki pandangan bahwa stabilitas keamanan adalah fondasi utama dalam membangun negara yang kuat dan berdaulat.

Recent Posts

Prabowo Latih Para Menteri Baris Berbaris untuk Samakan Gerak Langkah Pemerintah

MONITOR, Magelang - Menteri, Wakil Menteri, Kepala Badan, Penasehat dan Utusan Khusus Kabinet Merah Putih…

6 menit yang lalu

Telah Dibuka, Telkom Ajak Masyarakat Melestarikan Lingkungan Lewat Kompetisi Bumi Berseru Fest

MONITOR, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai perusahaan digital telekomunikasi di Indonesia…

11 menit yang lalu

Gelar Diseminasi Grasi Berbasis Elektronik, Direktur Pidana: Ini Dapat Memangkas Proses Layanan Permohonan Grasi

MONITOR, Malang - Direktur Pidana pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU), Haris Sukamto,…

33 menit yang lalu

Pastikan Setiap Aspirasi Rakyat Diproses, BAM DPR Siap Audiensi Langsung

MONITOR, Jakarta - Ketua Badan Aspirasi Masyarakat (BAM) DPR RI Netty Prasetiyani Aher memastikan suara…

43 menit yang lalu

Presiden Prabowo Diminta Hidupkan Kembali BATAN

MONITOR, Jakarta - Pemerintahan Presiden Prabowo Subianto perlu membentuk kembali Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)…

44 menit yang lalu

Berseragam Loreng, Mentan Amran Bersama Menhan Sjafrie dan Penasihat Khusus Presiden Dudung Kompak Ikuti Pembekalan di Akmil Magelang

MONITOR, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Menteri Pertahanan (Menhan) Sjafrie Sjamsoeddin, Penasihat…

52 menit yang lalu