PEMERINTAHAN

Enam Hal yang Harus Dilakukan Saat Tes SKD CPNS Kemenag!

MONITOR, Jakarta – Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Agama (Kemenag) 2024 saat ini memasuki tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Kepala Biro Kepegawaian (Karopeg) Sekretariat Jenderal Kemenag Wawan Djunaedi menyampaikan, tes SKD CPNS ini berlangsung mulai 18 Oktober hingga 11 November 2024. “Pelaksanaan Test SKD CPNS Kemenag 2024, ada 55 titik lokasi (tilok) secara Nasional,” terang Karopeg Wawan Djunaedi saat meninjau pelaksanaan SKD di NAM Center Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

“Sementara, untuk peserta yang memilih Titik lokasi (Tilok) Jakarta, dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 30 Oktober 2024 yang berlokasi di NAM Center Kemayoran Jakarta Pusat ini,” sambungnya.

Wawan mengingatkan para peserta untuk mempersiapkan diri dengan baik, termasuk memperhatikan seragam yang harus dikenakan selama SKD. Dalam pelaksanaan tes SKD ini, para peserta tes wajib untuk mengenakan pakaian kemeja putih yang rapi-sopan, pita hijau di lengan kiri, celana panjang/rok berbahan kain warna gelap dan bersepatu.

“Tidak diperkenankan memakai aksesories, perhiasan, jam tangan, ikat pinggang, dan tidak diperbolehkan membawa handphone, jimat, dan barang-barang lain yang tidak sesuai dengan ketentuan. Saat menuju ke ruang ujian, peserta hanya membawa Kartu Ujian dan KTP saja,” terang Wawan.

Selanjutnya, Wawan memaparkan ada enam hal yang harus dilakukan para peserta saat mengikuti SKD CPNS Kemenag, yaitu:

1. Presensi dan Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen

Peserta antre menuju ke meja absensi yang telah tersedia untuk tanda tangan daftar hadir peserta sesuai arahan panitia. Pastikan peserta telah membawa dokumen wajib antara lain Kartu ujian dan kartu identitas diri (KTP Asli/KK Asli/KK yang telah dilegalisir pejabat berwenang).

2. Peserta Menitipkan Barang

Peserta ujian wajib menitipkan barang bawaan ke loker yang telah disediakan oleh panitia. Termasuk tidak diperkenankan memakai aksesories, perhiasan, jam tangan, ikat pinggang, dan tidak diperbolehkan membawa handphone, jimat, dan barang-barang lain yang tidak sesuai dengan ketentuan. Peserta hanya diperbolehkan membawa Kartu Ujian dan Kartu Identitas ke dalam ruang ujian.

3. Body Checking menggunakan Metal Detector

Sebelum masuk kedalam ruang steril panitia akan melakukan pemeriksaan tubuh (body checking) dengan menggunakan metal detector.

4. Pemberian PIN Registrasi

Peserta menuju ke meja registrasi dan dilakukan validasi data peserta oleh panitia seleksi dengan menujukan katu peserta ujian dan KTP. Selanjutnya panitia akan memberikan PIN kepada peserta.

5. Peserta Menunggu di Ruang Steril

Peserta menunggu di ruang steril sebelum masuk ke ruang ujian CAT SKD. Disini peserta hanya mebawa Kartu Ujian dan KTP saja sebelum memasuki ruang ujian

6. Peserta Mengerjakan Ujian

Setelah melewati beberapa tahap pemeriksaan, peserta dipersilahkan untuk memasuki ruang ujian.

“Peserta diberikan waktu untuk menjawab atau mengerjakan soal di ruangan selama 100 menit dan dianjurkan peserta sudah hadir 90 menit sebelum pelaksanaan tes,” ungkap Wawan.

​​​​​​​

Peserta tes CPNS 2024 Kementerian Agama harus mampu lolos tes SKD dengan memenuhi passing grade atau nilai ambang batas yang telah ditentukan. Ambang batas ini meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai 65, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 166.

“Selanjutnya bagi pelamar yang lolos tes SKD sejumlah tiga kali jumlah formasi yang dibutuhkan akan melaju ke tahap tes selanjutnya yakni tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) berbasis CAT BKN,” jelas Wawan.

Recent Posts

Presiden Prabowo Umumkan Nama Menteri Kabinet Merah Putih, Ini Daftarnya

MONITOR, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto telah mengumumkan menteri maupun wakil menteri yang akan menjadi…

6 jam yang lalu

Meutya Hafid Sebut Prabowo Punya Fondasi Kuat Soal Swasembada Pangan dan Beri Apresiasi ke Jokowi

MONITOR, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto menargetkan Indonesia bisa mencapai swasembada pangan empat sampai lima…

7 jam yang lalu

Puan Pastikan PDIP Dukung Pemerintahan Prabowo

MONITOR, Jakarta - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan…

10 jam yang lalu

Apresiasi Prabowo Ingin Rangkul Semua, Atalia: DPR Siap Kolaborasi

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Atalia Praratya mengapresiasi upaya Presiden Prabowo Subianto yang ingin…

10 jam yang lalu

Petani Tembakau Lumajang Deklarasi Dukung Khofifah-Emil

MONITOR, Lumajang - Dukungan kepada pasangan Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Kabupaten…

12 jam yang lalu

Capai Zero Accident, Pertamina Patra Jasa Raih 4 Penghargaan IQSA 2024

MONITOR, Jakarta - Pertamina melalui Anak Perusahaan Services sektor Property & Development, Hotels & Resorts…

12 jam yang lalu