PEMERINTAHAN

Kemenag Ajak KBIHU Perkuat Sinergi dan Kebersamaan Layani Jemaah Haji

MONITOR, Jakarta – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengajak Kelompok Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah untuk memperkuat sinergi dan kebersamaan dalam melayani jemaah. Menurutnya, sejumlah terobosan yang dilakukan Kemenag harus terus diperkuat, dan itu membutuhkan sinergi dari banyak pihak.

Hal ini disampaikan Hilman Latief saat membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-2 Dewan Pengurus Pusat (DPP) Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (FK KBIHU) di Medan, Sumatera Utara. Acara yang berlangsung 10- 13 Oktober 2024 ini dihadiri perwakilan FK KBIHU Provinsi seluruh Indonesia. Mukernas mengangkat tema “Membangun Sinergitas & Kebersamaan Melalui Penguatan K3S (Komunikasi, Koordinasi, Kolaborasi dan Sinergi)”.

Hilman menjelaskan bahwa selama tiga tahun kepemimpinannya, Direktorat Jenderal PHU terus berusaha membangun ekosistem haji agar dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia. “Upaya penggunaan bahan baku makanan dari Indonesia untuk jemaah haji diharapkan memberi dampak ekonomis kepada para pengusaha kecil menengah dalam negeri,” sebutnya di Medan, Kamis (10/10/2024).

Hilman juga mencatat peningkatan jumlah jemaah lansia pasca-COVID-19, serta tantangan yang dihadapi pada penyelenggaraan haji tahun 2023 di Mudzdalifah. Untuk itu, pemerintah menyiapkan skema haji ramah lansia serta skenario murur dan tanazul saat di Mina guna memberikan keamanan, kenyamanan dan kemaslahatan untuk para jemaah haji.

“Terima kasih kepada FK KBIHU yang berperan dalam pencapaian indeks kepuasan jemaah haji Indonesia tahun 2024 sebesar 88,20% (sangat memuaskan),” ucapnya.

Direktur Bina Haji Arsad Hidayat mengajak KBIHU untuk terus meningkatkan manajemen tata kelolanya sebagai lembaga bimbingan jemaah haji dan umrah. KBIHU juga diminta memperkuat literasi pembimbingnya, khususnya terkait gagasan moderasi manasik. Sehingga, manasik bisa menjadi solusi permasalahan yang dihadapi jemaah haji terlebih jemaah haji lansia yang dalam dua tahun penyelenggaraan ibadah haji 2023 dan 2024 jumlahnya cukup banyak.

Hadir dalam pembukaan Mukernas ini PJ Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat. Drs. Basarin Yunus Tanjung, M.Si, Direktur Bina Haji, Dr. Arsad Hidayat, Lc, MA; Ketua Umum FK KBIHU, KH Manarul Hidayat, Ketua IPHI Provinsi Sumut, BPS BPIH, serta mitra FK KBIHU Sumatera Utara.

Recent Posts

KKP Buka 30 Gerai Perizinan Usaha Perikanan Tangkap

MONITOR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sepanjang 2024 telah membuka gerai perizinan usaha…

31 menit yang lalu

Survei IPO: Elektabilitas RK-Suswono 52.6% menguat usai Debat Kandidat

MONITOR, Jakarta - Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO)…

2 jam yang lalu

Komitmen Informasi Publik Berkelanjutan, Pertamina Raih 12 Penghargaan Kehumasan

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina (Persero) berkomitmen dalam keterbukaan informasi publik secara berkelanjutan. Inovasi dalam…

2 jam yang lalu

Trenggono Resmikan Modeling Budidaya Lobster di Batam

MONITOR, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono meresmikan modeling budidaya lobster di…

3 jam yang lalu

GRATIS! Telkom Ajak Pelajar Indonesia Kembangkan Talenta Digital Melalui Telkom DigiUP 2024

MONITOR, Jakarta - Mengutip pernyataan Kementerian Komunikasi dan Informatika disebutkan bahwa Indonesia saat ini membutuhkan…

4 jam yang lalu

Legislator Sebut Predator Anak Panti Asuhan Biadab, Minta Ada Pemberatan Hukuman

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Selly Andriany Gantina mengecam aksi pengurus Panti Asuhan Yayasan…

15 jam yang lalu