BUMN

Jasa Marga Meraih Penghargaan dalam Ajang Annual Report Award 2023 Kategori BUMN Non Keuangan

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. kembali menjadi pemenang dalam ajang Annual Report Award (ARA) 2023 kategori BUMN Non Keuangan pada Malam Penganugerahan Annual Report Award (ARA) 2023, yang berlangsung di Main Hall, Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (7/10). Ini adalah kali kedua Jasa Marga memenangkan penghargaan ini, dan semakin memperkuat reputasinya sebagai perusahaan yang mengedepankan transparansi dan tata kelola perusahaan yang baik.

ARA 2023 yang mengangkat tema “Internalizing Integrated Mindset Toward Sustainable Long Term Value Creation“, bertujuan untuk meningkatkan penerapan praktik Good Corporate Governance (GCG) serta keberlanjutan dalam laporan tahunan untuk tahun buku 2023. Penghargaan ini dirancang untuk mendorong standar tinggi dalam penyajian laporan tahunan perusahaan di Indonesia.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Komisaris Utama Jasa Marga, Mohammad Zainal Fatah, yang didampingi oleh Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Pramitha Wulanjani serta Investor Relations Department Head Milka Theodora. Acara tersebut turut dihadiri oleh Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Keuangan Derivatif, dan Bursa Karbon Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inarno Djajadi, Ketua Umum Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) & Pengarah ARA Prof. Mardiasmo, serta Ketua Panitia Pelaksana ARA Sigit Pramono.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Jasa Marga, Pramitha Wulanjani, menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah hasil dari komitmen perusahaan yang berkelanjutan dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi dan prinsip-prinsip GCG.

“Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa Jasa Marga terus berupaya menjalankan praktik tata kelola yang baik, manajemen risiko yang tepat, serta kepatuhan tinggi untuk memberikan rasa aman dan kepercayaan kepada stakeholder kami. Ini adalah kali kedua Jasa Marga meraih penghargaan ARA, yang menegaskan konsistensi kami dalam memenuhi standar keberlanjutan,” ujar Pramitha.

Sigit Pramono, Ketua Pelaksana ARA 2023, menegaskan bahwa penghargaan ini diberikan untuk mempromosikan keterbukaan informasi dan tata kelola yang baik di perusahaan-perusahaan Indonesia.

“Melalui ARA, kami ingin mendorong perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas laporan tahunan mereka, termasuk aspek keberlanjutan, sesuai dengan standar yang berlaku dan terus diperbarui seiring dengan perkembangan regulasi,” jelas Sigit.

Lebih lanjut, Ketua Umum KNKG, Prof. Mardiasmo, menekankan bahwa ARA bertujuan meningkatkan penerapan prinsip praktik governansi yang lebih baik dan integrasi aspek keberlanjutan dalam strategi bisnis.

“Kami berharap melalui ajang ini, perusahaan-perusahaan Indonesia dapat terus memperbaiki praktik tata kelola mereka, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga regional dan internasional.”

Proses penjurian ARA 2023 melalui dua tahap, yaitu desk evaluation berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, serta wawancara mendalam dengan pimpinan perusahaan terkait praktik GCG dan keberlanjutan. Pada tahun ini, Jasa Marga kembali berhasil menunjukkan komitmen tinggi dalam laporan tahunan dan keberlanjutannya, sehingga meraih penghargaan di kategori BUMN Non Keuangan.

Recent Posts

DPR Pastikan Kawal Kesejahteraan Hakim, Harap Kembali Jalankan Tugas Mulia

MONITOR, Jakarta - DPR RI memastikan akan mengawal peningkatan kesejahteraan hakim menyusul aksi cuti massal…

4 jam yang lalu

Korban Mafia Tanah Hingga Pinjol Bisa Mengadu ke Badan Aspirasi DPR

MONITOR, Jakarta - DPR RI berencana menambah alat kelengkapan dewan (AKD) termasuk membentuk badan baru…

5 jam yang lalu

NeutraDC Perkuat Posisi AI Enabler dan Penyedia Layanan Data Center Terkemuka

MONITOR, Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Telkom Data…

5 jam yang lalu

Genjot Suara Khofifah-Emil, JRK Lumajang Lakukan Gerakan Door To Door

MONITOR, Lumajang - Relawan yang tergabung dalam Jaringan Relawan Khofifah (JRK) Kabupaten Lumajang melakukan gerakan…

6 jam yang lalu

Terbaru, KKP Tertibkan Perizinan Rumpon di WPPNRI

MONITOR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan ekologi sumber…

7 jam yang lalu

BPJPH, MUI dan Komite Fatwa Sepakati Solusi Masalah Nama Produk Bersertifikat Halal

MONITOR, Jakarta - Menindaklanjuti adanya produk dengan nama "tuyul", "tuak", "beer", dan "wine" yang mendapat…

8 jam yang lalu