BUMN

Pimpin Energi Transisi, Kolaborasi Pertamina-Arizona State University Siapkan Pemimpin Energi Terbarukan

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) memperkuat komitmennya mencapai target Net Zero Emission (NZE) di tahun 2060 dengan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul melalui program NRE (New and Renewable Energy) Academy. Program ini terjalin dalam sinergi dengan Thunderbird School of Global Management, Arizona State University, di mana Arizona kini menjadi magnet dalam berbagai pengembangan proyek energi ramah lingkungan.

Direktur SDM Pertamina M. Erry Sugiharto mengatakan bahwa melalui NRE Academy, Pertamina memberdayakan Perwira (sebutan untuk Pekerja Pertamina) berkompetensi pada proyek-proyek energi terbarukan di Tanah Air. Dengan NRE Academy, Perwira Pertamina diharapkan mampu memperluas wawasannya dan memiliki solusi inovatif untuk menjawab tantangan energi di Indonesia.

“Sebagai pemimpin transisi energi nasional, Pertamina meyakini SDM menjadi kunci utama dalam kelancaran komitmen energi transisi ini,” ucap Erry.

Erry menambahkan, program NRE Academy akan meningkatkan kompetensi Perwira Pertamina pada industri energi baru terbarukan, seperti pengembangan teknologi serta peluang bisnis NRE, sehingga lini bisnis rendah karbon Pertamina semakin kuat. Tak hanya teori, Perwira juga berdiskusi langsung dengan para ahli di bidang NRE ini. Di antaranya, Gary Dirks selaku Senior Director di Julie Ann Wrigley Global Futures Laboratory dan Director dari LightWorks®, Nathan Johnson selaku Senior Global Futures Scientist, Julie Ann Wrigley Global Futures Laboratory, dan Prof. Allen Morrison dari Thunderbird School of Global Management, sebagai fasilitator experiential learning.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, untuk optimalisasi program pengembangan Perwira, Pertamina menggandeng lembaga Thunderbird School of Global Management, Arizona State University. Hal ini dilakukan karena Arizona kini berkembang menjadi episentrum perekonomian ramah lingkungan, sejalan dengan berbagai kegiatan NRE di wilayah tersebut yakni tenaga air, angin, surya, nuklir, dan hidrogen.

“Dengan kolaborasi ini, NRE Academy menjadi harapan besar bagi Perwira Pertamina untuk melakukan inovasi di bidang energi baru terbarukan, seperti blue ammonia, sustainable aviation fuel, eksplorasi hydrogen blending dan project lainnya yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia,” jelas Fadjar.

Recent Posts

Mahasiswa UIN Sumut Raih Prestasi Nasional dari Tong Sampah Pintar

MONITOR, Jakarta - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) kembali torehkan prestasi nasional.…

9 jam yang lalu

Diplomasi DPR 2019-2024 Dinilai Alami Kemajuan Signifikan

MONITOR, Jakarta - Dalam fungsi diplomasi parlemen, DPR RI periode 2019-2024 yang baru saja menyelesaikan…

11 jam yang lalu

Mega-Prabowo Disebut Ingin Cepat Bertemu, Singgung Menu Nasi Goreng

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani kembali berbicara…

11 jam yang lalu

Puan Sebut AKD DPR Ditetapkan Sebelum Kabinet Baru Pemerintah Terbentuk

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPR akan…

11 jam yang lalu

Upaya Kementan Wujudkan Jawa Barat Bebas Rabies 2029

MONITOR, Sukabumi - Peringatan Hari Rabies Sedunia 2024 menjadi momen penting bagi Pemerintah Indonesia yang,…

12 jam yang lalu

Program Nutrition Fact Rumah BUMN Telkom, 352 UMKM Binaan Tingkatkan Daya Saing Produk

MONITOR, Jakarta - Sebagai upaya dalam mendukung kesadaran konsumen akan kesehatan makanan yang dikonsumsi, PT…

14 jam yang lalu