PEMERINTAHAN

Kemenag Salurkan Bantuan Operasional Gereja Rp7,8 Miliar

MONITOR, Jakarta – Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (Ditjen Bimas Kristen) Kementerian Agama (Kemenag) telah menyalurkan bantuan operasional gereja sebesar Rp7,8 miliar hingga semester pertama 2024. Bantuan ini bertujuan untuk menunjang operasional gereja, termasuk pengembangan dan manajemen administrasi operasional di berbagai gereja.

Bantuan tersebut disalurkan kepada delapan Aras Nasional, tiga perwakilan aras daerah, tujuh Sinode, dan 50 gereja lokal yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, termasuk daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau. Inisiatif ini merupakan bagian dari kebijakan strategis pemerintah dalam mendukung kebebasan beragama di seluruh Indonesia.

“Dana bantuan operasional gereja ini digunakan untuk mendukung pengembangan kegiatan sosial keagamaan yang bermanfaat bagi jemaat dan masyarakat sekitar. Pemerintah berharap, melalui program ini, gereja dapat berfungsi tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan sosial yang memperkuat ikatan komunitas,” terang Dirjen Bimas Kristen, Jeane Marie Tulung di Jakarta, Jumat (4/10/2024).

“Program ini membawa manfaat signifikan bagi gereja-gereja, memungkinkan mereka untuk meningkatkan dan memperluas aktivitas sosial berbasis gereja. Bantuan ini diharapkan juga mendorong keterlibatan jemaat dalam pelayanan sosial bagi masyarakat di sekitarnya,” sambungnya.

Jeane Marie Tulung berharap, langkah ini memicu peningkatan kerukunan antarumat beragama dan mempererat hubungan antarwarga, sehingga mendukung persatuan dan toleransi di tengah keberagaman agama di Indonesia.

Dengan penyaluran bantuan ini, gereja-gereja di berbagai daerah kini memiliki dukungan untuk memperbaiki dan meningkatkan operasional mereka. Selain itu, umat Kristen di Indonesia juga memiliki akses yang lebih baik terhadap tempat ibadah yang layak.

“Bantuan ini menjadi bagian penting dalam kebijakan pemerintah untuk mendukung kebebasan beragama dan memperkuat peran rumah ibadah di masyarakat,” tandasnya.

Recent Posts

Bebas Manggazali Janjikan Pemberian TPP Setiap Bulan Untuk ASN Polman

MONITOR, Polewali Mandar - Bebas Manggazali berjanji akan membayar Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Aparatur Sipil…

2 jam yang lalu

Knowledge Power Up, Telkom Lakukan Akselerasikan Budaya Belajar dan Inovasi Karyawan

MONITOR, Jakarta - Sebagai perusahaan BUMN telekomunikasi digital terdepan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom)…

3 jam yang lalu

Waka DPR Nilai Perlu Evaluasi Konsep Pendidikan karena Banyak Masalah

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengharapkan adanya evaluasi secara menyeluruh…

5 jam yang lalu

Indeks KUB 2024 Naik Jadi 76,47

MONITOR, Jakarta - Indeks Kerukunan Umat Beragama (Indeks KUB) 2024 sebesar 76,47. Indeks ini naik…

5 jam yang lalu

Anggota DPR: Seluruh Fraksi di DPR Setujui Pembentukan 13 Komisi

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI Said Abdullah mengatakan bahwa seluruh fraksi di DPR RI…

6 jam yang lalu

Pimpin Energi Transisi, Kolaborasi Pertamina-Arizona State University Siapkan Pemimpin Energi Terbarukan

MONITOR, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memperkuat komitmennya mencapai target Net Zero Emission (NZE) di tahun…

10 jam yang lalu