PARLEMEN

Jadi Anggota DPR Termuda, Annisa Mahesa Siap Beri Pembuktian

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI, Annisa Maharani Azzahra Mahesa menuai perhatian setelah menjadi pimpinan DPR sementara pada pelantikan anggota dewan periode 2024-2029. Ia pun merasa bangga karena didaulat memimpin sidang DPR, meski hanya sebagai pimpinan sementara.

“Rasanya campur aduk, bangga, bahagia dan sangat privilege. Tapi tentu saja aku rasanya seperti memikul tanggung jawab yang luar biasa besar,” ujar Annisa di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, (1/10/2024).

Sebanyak 580 Anggota DPR periode 2024-2029 mengucapkan sumpah/janji pada pelantikan pagi tadi. Acara pelantikan turut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden terpilih Prabowo Subianto serta jajaran menteri kabinet.

Annisa didapuk sebagai pimpinan DPR sementara karena menjadi anggota DPR termuda. Ia memimpin sidang pelantikan anggota DPR periode 2024-2029 bersama Guntur Sasono yang merupakan anggota DPR tertua.

Annisa mengaku cukup terharu saat mengucap sumpah/janji sebagai anggota DPR. Meski menjadi anggota DPR termuda, ia mengaku siap membuktikan kinerjanya untuk kepentingan rakyat.

“Karena dengan mengucapkan ikrar dan sumpah janji yang begitu sakral, itu kan bukan janji main-main. Apalagi sebagai generasi muda ya. Mungkin orang memandang sebelah mata nggak apa-apa, kita buktikan,” ucap perempuan yang kerap disapa Icha itu.

Icha sendiri merupakan putri dari almarhum Desmond Junaidi Mahesa, anggota DPR lebih dari 1 periode yang berasal dari latar belakang aktivis 1998. Selama menjadi anggota DPR, Desmond dikenal sebagai legislator yang cukup vokal.

Menjadi anak seorang politisi ternama dianggap Icha bukan sebagai beban, melainkan sebuah privilege (hak istimewa) yang harus dipertanggungjawabkan. Ia juga tidak malu mengakui dirinya terjun ke dunia politik karena terinspirasi dari perjuangan sang ayah.

“Bapakku terkenal sebagai orang yang sangat kritis dan vokal, aku tidak malu mengakui sebagai anak beliau,” jelas Icha.

Walaupun mendapatkan akses dan keistimewaan berkat sosok ayahnya, perempuan berusia 23 tahun itu menegaskan dirinya terpilih lewat mekanisme pemilihan umum. Untuk bisa meraih kursi DPR, Icha menegaskan murni berkat kerja kerasnya turun langsung ke konstituen.

“Aku ini terpilih Alhamdulillah sebagai anggota DPR RI melalui pemilu karena aku turun langsung menghadapi, menemui konstituen-konstituen di dapil. Untuk menghapus stigma negatif ya bagaimana caranya, pertama harus ada self awareness dari diri sendiri,” sebutnya.

Icha memperoleh suara sebanyak 122.470 suara pada Pileg 2024 di daerah pemilihan (Dapil) Banten II. Perolehan suara Icha mengungguli sejumlah politisi senior seperti Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mantan Wali Kota Cilegon Edi Ariadi dan mantan Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman.

Atas keberhasilannya itu, Icha mengingat pesan dari ayahnya. Ia juga ingin memanfaatkan privilege sebagai anak sosok ternama untuk menunjang kinerja konstitusionalnya di DPR demi kepentingan masyarakat.

“Kalau quote dari bapakku yang selalu aku ingat: hidup sekali beri arti, lalu mati.
Aku ingin mengikuti quote tersebut sama seperti bapakku,” tutur Icha.

“Gimana caranya dengan privilege tersebut kita harus give back to society, kita harus membuat privilege itu memberikan manfaat kepada orang lain,” pungkas lulusan Universitas Melbourne itu.

Recent Posts

Rieke Diah Pitaloka Janji Kawal Kasus Korupsi hingga Badai PHK

MONITOR, Jakarta - Rieke Diah Pitaloka kembali terpilih sebagai Anggota DPR untuk periode 2024-2029. Di…

1 jam yang lalu

Kembali Jadi Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco: Kami Harus Lunasi Utang ke Rakyat

MONITOR, Jakarta - Sufmi Dasco Ahmad kembali terpilih menjadi Wakil Ketua (Waka) DPR RI untuk…

3 jam yang lalu

Kemenag Buka Pendaftaran Pengajuan Prodi PTKI Terakhir 30 Oktober 2024

MONITOR, Jakarta - Kabar baik datang dari Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama. Pengajuan…

3 jam yang lalu

Pidato Pertama Puan Sebagai Ketua DPR 2024-2029: Terimakasih Rakyat

MONITOR, Jakarta - Puan Maharani kembali terpilih sebagai Ketua DPR RI. Usai dilantik sebagai Ketua…

4 jam yang lalu

Tok! Puan Kembali Terpilih Sebagai Ketua DPR

MONITOR, Jakarta - Penetapan pimpinan DPR periode 2024-2029 digelar dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang…

5 jam yang lalu

Menteri KKP Lepas Ekspor Tiga Kontainer Tuna Kaleng dari Banyuwangi Menuju Kanada

MONITOR, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melepas ekspor perdana tiga kontainer…

6 jam yang lalu