POLITIK

Netralitas Pejabat Daerah dan Anggota TNI-POLRI Dalam Pilkada Dipersonalkan di MK

MONITOR, Jakarta – Masyarakat sipil mempersoalkan kekosongan hukum ketentuan pidana mengenai pelanggaran netralitas Pejabat Daerah dan Anggota TNI/POLRI dalam UU Pilkada karena dinilai tidak memberikan jaminan, perlindungan dan kepastian hukum terhadap hak masyarakat sebagai Pemilih.

Hal tersebut disoal lewat Permohonan Uji Materiil Pasal 188 UU No. 1 Tahun 2015 yang dimohonkan oleh Syukur Destieli Gulo di Mahkamah Konstitusi Pada tanggal 20 September 2024, Pukul 10.46 wib.

Menurut Syukur “persoalan norma hukum dalam ketentuan yang dimohonkannya yaitu tidak terdapatnya frasa “pejabat daerah” dan frasa “anggota TNI/POLRI” dalam Pasal 188, padahal ketentuan tersebut berisi ancaman pidana atas pelanggaran netralitas yang diatur dalam Pasal 71 UU No. 10 Tahun 2016.”

Lebih lanjut Syukur menerangkan, “dengan tidak terdapatnya frasa “pejabat daerah” dan frasa “anggota TNI/POLRI” dalam Pasal 188 UU No. 1 Tahun 2015, maka pejabat daerah dan anggota TNI/POLRI yang melakukan pelanggaran netralitas yang diatur dalam Pasal 71 UU No. 1 Tahun 2016 berpotensi lolos dari jeratan hukum, artinya tidak dapat ditindak karena terdapat kekosongan sanksi pidana.”

Akibatnya menurut Syukur, “Hal tersebut tidak memberikan jaminan, perlindungan dan kepastian hukum terhadap Pemilihan yang demokratis berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dari potensi pelanggaran netralitas pejabat daerah dan anggota TNI/POLRI pada Pilkada 2024, maka Pemohon sangat berharap agar Mahkamah Konstitusi nantinya dapat menambahkan frasa “pejabat daerah” dan frasa “anggota TNI/POLRI” dalam Pasal 188 UU No. 1 Tahun 2015 sesuai amar putusan yang dimohonkan.” Tutur Syukur.

Recent Posts

Diberikan Fasilitas Oleh Pemerintah, Diaspora Diharapkan Turut Membangun Bangsa

MONITOR, Jakarta - Setelah berakhirnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Tata Cara…

41 menit yang lalu

JakLingko Indonesia Raih Penghargaan Aplikasi Pembayaran Tiket Transportasi Umum Terfavorit

MONITOR, Jakarta - PT JakLingko Indonesia meraih penghargaan Kategori Aplikasi Pembayaran Tiket Transportasi Umum Terfavorit…

2 jam yang lalu

Pemberdayaan Alumni dan Tracer study

MONITOR, Jogjakarta - Alumni memegang peran penting dalam pengembangan perguruan tinggi dan juga berkontribusi pada…

2 jam yang lalu

Hasil Survei Kepuasan Jemaah Haji 2024 Naik, BPS: Kami Independen

MONITOR, Jakarta - Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 2024 mencapai 88,20 atau masuk…

4 jam yang lalu

Dukung Dekarbonisasi Penerbangan Nasional, Pertamina Patra Niaga Perluas Distribusi SAF

MONITOR, Bali - PT Pertamina Patra Niaga terus memperkuat perannya dalam mendukung transisi energi di sektor…

5 jam yang lalu

Platform Pijar Mahir Solusi bagi UMKM Semakin Cuan

MONITOR, Jakarta - Ekonomi digital di Indonesia yang turut menjadi fokus dari pemerintah hingga saat…

7 jam yang lalu