JABAR-BANTEN

Tiga Pesan Tokoh Ciayumajakuning untuk Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke 526

MONITOR, Kuningan – Ketua Umum Dulur Cirebonan (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan atau Ciayumajakuning), Prof Rokhmin Dahuri menyampaikan ada tiga hal utama dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan yang ke-526 yang digelar di Kuningan, Jawa Barat, Minggu (1/9/2024)

Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University menyebut Pertama, kita mensyukuri atas limpahan rahmat dan berkah Allah SWT kepada kita masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kuningan.  “Sehingga, meskipun di sana – sini masih banyak kekurangan, tapi Kabupaten Kuningan terus membaik, lebih maju, dan lebih sejahtera dari waktu ke waktu,” ujar Prof Rokhmin Dahuri.

“Bersyukur kepada Allah SWT itu baik bagi kita, dan Allah pun akan menambahkan berbagai macam nikmat (berkah) kepada kita masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Gotong Royong lantas memberikan pesan yang kedua yaitu introspeksi dan muhasabah atas perjalanan selama ini. “Kita bermuhasabah, introspeksi atas semua kesalahan, kemaksiatan, kebohongan, dan perbuatan munkar lainnya yang kita lakukan setahun lalu. Warga (penduduk) Kabupaten Kuningan yang di masa lalu masih malas harus bekerja lebih rajin, produktif, dan efisien. Yang dulu berperilaku ”tangan di bawah” menjadi ”tangan di atas”. katanys. 

Yang di masa lalu banyak berprasangka buruk (suudzan) kepada sesama warga menjadi berprasangka baik (khusnudzan), dan positive thinking. Dari yang semula punya iri dan dengki, menjadi lebih silih asah, asuh, dan asih. Dan, perlikau serta amal-amal kebajikan lainnya. 

Para pemimpin dan birokrasi pemerintahannya akan lebih jujur, buka pembohong. Bekerja lebih cerdas, keras, dan ikhlas lagi untuk mencerdaskan dan mensejahterakan seluruh rakyat Kabupaten Kuningan secara berkeadilan.

Ketiga, menyusun rencana pembangunan yang komprehensif, holistik, tepat, dan benar serta dilaksanakan secara berkesinambungan, supaya Kabupaten Kuningan lebih baik lagi, lebih maju, rakyatnya hidup lebih sejahtera dan damai, lingkungan hidupnya bersih, sehat, indah, asri, dan lestari (berkelanjutan), dan mandiri. 

Para pemimpin, pemerintah, dan rakyat Kabupaten Kuningan mesti terus memperbaiki diri, berhenti berbuat maksiat dan kemungkaran, dan mulai sekarang secara sinergis – kolaboratif bekerja cerdas, keras, tuntas, dan ikhlas membangun Kabupaten Kuningan lebih baik lagi.

Mengutip Prof. Dr. Walter Issard, Cornell University, AS (1976), Prof Rokhmin Dahuri menegaskan bahwa suatu wilayah (Kabupaten/Kota, Propinsi maupun Negara) bisa menjadi maju, sejahtera, dan mandiri (berdaulat), bila ia punya Rencana (Road Map dan Blueprint) Pembangunan yang komprehensif, holistik, tepat, dan benar. 

“Kemudian, dengan menggunakan IPTEK dan inovasi, pemerintah bersinergi bersama rakyatnya melaksanakan rencana pembangunan itu secara berkesinambungan,” ujar Ketua Dewan Pakar Masyarakat Perikanan Nuantara itu.

Semua atau mayoritas warga dan aparat pemerintah nya menyumbangkan kemampuan terbaiknya untuk menjadikan wilayah nya berkemajuan, adil-makmur, dan mandiri (berdaulat).

Dan, terakhir pemimpinnya (Presiden, para Menteri, para Kepala Daerah, para anggota legislatif dan yudikatif, dan CEO perusahaan BUMN, Swasta, dan Koperasi) harus yang kompeten, capable, baik (beretos kerja unggul, berakhlak mulia, dan memiliki IMTAQ yang kokoh menurut agama masing-masing), dan strong (kuat).

Mengakhiri sambutan, Prof Rokhmin Dahuri mengajak diri sendiri dan kita semua untuk senantiasa meningkatkan IMTAQ (Iman dan Taqwa) kita kepada Tuhan YME sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. 

Karena, Allah SWT berjanji dalam Al-Qur’an, Surat Al-A’raf (7), Ayat-96, bahwa ”Jikalau penduduk suatu negeri (Kabupaten/Kota, Propinsi, Negara, dan bahkan Dunia), beriman dan bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan menurunkan berkah (keberhasilan, kebahagiaan, dan kedamaian), yang datangya dari langit dan bumi”.

Dalam kesempatan itu, Prof Rokhmin Dahuri mengucapkan selamat kepada seluruh rakyat dan pemerintah Kabupaten Kuningan atas Hari Jadi Kuningan yang ke-526 ini. 

Semoga Kabupaten Kuningan yang sudah baik, kedepannya akan lebih baik lagi, lebih maju, rakyatnya semua hidup berkecukupan dan sejahtera, damai, mandiri, ramah lingkungan, dan berkelanjutan (sustainable). 

“Saya merasa sangat terhormat dan tersanjung diundang oleh Bapak Pj. Bupati untuk memberikan Sambutan pada acara Peringatan Hari Jadi Kuningan ke-526 yang mulia dan membahagiakan ini,” imbuhnya.

Recent Posts

Kemenag Tegaskan Layanan Haji 2024 di Arab Saudi Sesuai Aturan

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan seluruh proses pengadaan layanan haji 1445 H/2024 M…

2 jam yang lalu

Laga Aceh vs Sulteng di PON XXI, Komisi X Minta Investigasi Khusus Motif Pemukulan Wasit

MONITOR, Jakarta – Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menyoroti adanya insiden wasit sepak bola…

6 jam yang lalu

Catatan Dari Rusia Prof Rokhmin: Jadi Pemimpin Jangan Seperti Fir’aun

MONITOR, Jakarta - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB University, yang juga  anggota Dewan…

10 jam yang lalu

Menag Yaqut Diterima Menhaj Tawfiq, Bahas Persiapan Haji 2025

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah…

11 jam yang lalu

Tinjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C, Menteri PUPR: Selesai Juni 2025

MONITOR, Kaltim - Mengisi waktu libur dan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Timur, Menteri Pekerjaan…

14 jam yang lalu

Refleksi Maulid Nabi, Prof Rokhmin: Pemimpin akan Sukses jika Meneladani Kepemimpinan Rasulullah

MONITOR - Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University Prof Dr Ir Rokhmin…

14 jam yang lalu