BUMN

Jasa Marga Raih Tiga Penghargaan dalam Ajang ESG Initiative Awards 2024, Bukti Komitmen Keberlanjutan

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan meraih tiga penghargaan bergengsi dalam ajang ESG Initiative Awards 2024. Penghargaan yang diraih yaitu untuk dua kategori perusahaan dan satu kategori individu. Untuk kategori perusahaan yaitu Best Biodiversity and Nature Conservation dengan Predikat 5 Gold dan Best Millennial and Gen Z Engagement Leadership dengan Predikat 4 Bronze. Selain itu, penghargaan Best Leader for ESG Initiatives juga diberikan kepada Environment, Social & Governance Advisor Jasa Marga, Imad Zaky Mubarak.

Acara ini diselenggarakan oleh Business Update dan SustainLife Today dengan tema “Advancing Sustainability Through Innovative Transformations” di Jakarta, pada Kamis (8/8). Hadir mewakili manajemen Jasa Marga secara langsung dalam penganugerahan, Environment, Social & Governance Advisor Jasa Marga Imad Zaky Mubarak.

Imad Zaky Mubarak mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Jasa Marga yang merupakan bukti konkret Perusahaan dalam menjalankan proses bisnis yang mengimplementasikan prinsip-prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Penghargaan ini bukan hanya pengakuan atas apa yang telah kami capai, tetapi juga menjadi pendorong bagi Jasa Marga untuk terus berkomitmen menjalankan program-program ESG yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Perusahaan secara berkelanjutan,” ujar Zaky.

Hadir sebagai keynote speaker, Direktur Pengendalian Pencemaran Air Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tulus Laksono, menyoroti pentingnya peran dunia usaha dalam inovasi di bidang lingkungan dan sosial. Ia menekankan bahwa peluang untuk berkontribusi dalam inovasi ini sangat besar dan dapat memberikan dampak positif yang luas.

“Semoga kegiatan ini menjadi platform untuk para stakeholder berinovasi dan juga tak lupa apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pemangku kepentingan sektor sosial, ekonomi, dan lingkungan yang telah menjadi mitra kerja pemerintah selama ini. Sehingga diharapkan kolaborasi nyata antara pemerintah dan para stakeholder dapat terus terwujud dan bertanggung jawab,” kata Tulus.

Ketua Penyelenggara ESG Initiative Awards 2024 Aries Muftie, menambahkan bahwa penerapan prinsip ESG tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi masyarakat dan lingkungan, tetapi juga bagi perusahaan itu sendiri.

“The more you give, the more you get menjadi kalimat paling pas untuk menggambarkan ESG. Perusahaan yang aktif berkontribusi memberikan manfaat baik secara sosial maupun kelesterian lingkungan akan semakin diminati oleh investor dan konsumen,” ungkap Aries.

ESG Initiative Awards 2024 diikuti oleh lebih dari 250 Perusahaan di Indonesia. Dalam proses penjuriannya, integrasi aspek Good Corporate Governance (GCG) dalam strategi perusahaan menjadi salah satu faktor kunci yang dinilai oleh dewan juri.

Sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri jalan tol Indonesia, Jasa Marga terus berupaya untuk meningkatkan bisnis jalan tol berkelanjutan yang peduli akan keadaan sosial masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan yang ada di sekitar jalan tol milik Jasa Marga Group.

Jasa Marga telah mengimplementasikan berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), seperti Jasa Marga Medical Keliling (Jamedlink) yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sekitar proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen. Selain itu, pada bulan Ramadan 2024, Jasa Marga menggelar program BUKBER (Budaya Kita Berbagi), Mudik Gratis bersama Kementerian BUMN, serta berbagai aksi sosial lainnya seperti Pasar Sembako Murah dan Bazar UMKM. Jasa Marga juga berperan sebagai koordinator Satuan Tugas (Satgas) BUMN dalam proses evakuasi dan penyaluran bantuan untuk meringankan dampak bencana.

Dengan prestasi ini, Jasa Marga tidak hanya mempertegas posisinya sebagai pemimpin di industri jalan tol, tetapi juga sebagai perusahaan yang berkomitmen penuh terhadap keberlanjutan dan kesejahteraan sosial.

Recent Posts

Dukung Program TKMP Kemenaker, Universitas Pancasila gelar Bimtek Pendamping

MONITOR, Jakarta - Universitas Pancasila mendapatkan kepercayaan dari Kementerian Tenaga Kerja RI sebagai pelaksana swakelola…

2 jam yang lalu

Tersangka Pemerkosa Anak Dilantik Jadi Anggota DPRD, Komisi III DPR: Cederai Keadilan!

MONITOR, Jakarta - Seorang tersangka pelaku pemerkosa anak berinisial HA dilantik menjadi Anggota DPRD Singkawang,…

2 jam yang lalu

Jokowi Resmikan Jalan Tol Kartasura-Klaten

MONITOR, Boyolali - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko…

3 jam yang lalu

Kemenag Salurkan Bantuan SBSN untuk 1.447 Madrasah

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama sejak 2018 terus berupaya meningkatkan sarana prasana madrasah melalui skema…

4 jam yang lalu

DPR Tak Setuju Kebijakan Ekspor Pasir Laut: Pulau-Pulau Kecil Bisa Hilang Lagi!

MONITOR, Jakarta - DPR RI menyatakan sikap tidak setuju dengan kebijakan Pemerintah yang membuka kembali…

6 jam yang lalu

Kelas Menengah Turun, Mardani Dorong Regulasi ‘Bahagiakan’ Warga Agar Kembangkan Ekonomi Rakyat

MONITOR, Jakarta - DPR RI mendorong regulasi untuk mengembangkan perekonomian rakyat di seluruh daerah guna…

6 jam yang lalu