Selasa, 10 September, 2024

UIN KHAS Jember Gelar Yudisium, Luluskan 262 Mahasiswa

MONITOR, Jakarta – Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar Yudisium Strata Satu (S1) ke-26. Sebanyak 262 mahasiswa berasal dari empat program studi yaitu Hukum Kelurga (HK), Hukum Ekonomi Syariah (HES), Hukum Pidana Islam (HPI), dan Hukum Tata Negara (HTN) mengikuti rangkaian proses Yudisium sebagai penanda menjadi calon wisudawan. Peserta yudisium kali ini terbanyak dalam sejarah Yudisium Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Rektor UIN KHAS Jember Prof Dr Hepni Zain menekankan pada lulusan Fakultas Syariah untuk terus menjaga integritas, rendah diri, dan terus mengasah kemampuan dimanapun berada.

“Saya kukuhkan Anda semua sebagai lulusan sarjana yang smart. Satu tanggung jawab besar dari predikat sarjana dengan mengemban amanah untuk berkontribusi di tengah-tengah masyarakat. Kalau predikat sebelumnya adalah mahasiswa, kini telah menjadi scholar sekaligus pemimpin. Ciri seorang pemimpin itu adalah memberikan teladan”, ungkap Rektor UIN KHAS Jember saat membuka kegiatan Yudisium Fakultas Syariah, Senin (5/8/24) di Jember.

Rektor UIN KHAS Jember juga menambahkan bahwa kesuksesan juga sangat erat dengan kematangan. Dikatakan Prof Hepni, seorang sarjana telah memiliki kematangan berfikir. “Karena itu, kesuksesan bukan ditentukan seberapa banyak prestasi yang diraih, tapi seberapa banyak masalah yang bisa diselesaikan secara dewasa”, tambah Rektor UIN KHAS Jember.

- Advertisement -

Sementara Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr Wildani Hefni menuturkan bahwa Yudisium bukanlah akhir, melainkan tanggal awal menuju pintu-pintu berikutnya. Dekan termuda di lingkungan PTKIN ini meminta lulusan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember untuk memiliki lima kecakapan yang disingkat dalam akronim GMELT yaitu Growth, Mentality, Expertise, Loyality, dan Trust.

“Walaupun telah menyelesaikan program sarjana, Anda tetap harus berada dalam zona growth yaitu tumbuh dan berkembang. Tidak berhenti pada titik ini, bahkan keluar dari zona nyaman untuk terus mengasah kemampuan diri. Selain itu, lulusan Fakultas Syariah harus punya mentalitas yang kuat disertasi kepercayaan diri yang kokoh, bahwa lulusan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember juga memiliki keunggulan dan siap menghadapi kompetisi”, terang Dr. Wildani Hefni

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ini juga meminta lulusannya agar memiliki kepakaran tertentu sebagai perwujudan dari keunggulan distingtif sarjana Syariah. “Selain itu, kami berharap para lulusan Fakultas Syariah memiliki loyalitas atau dedikasi yang tinggi. Ini bisa juga dimaknai dalam altar padu padannya antara kata dan perbuatan”, ungkap Wildani Hefni. Terakhir, Dekan Fakultas Syariah mendorong agar para lulusannya dapat membangun kepercayaan yang dijalankan secara konsisten dalam hubungan interaksi dengan semua pihak.

Hadir dalam kegiatan Yudisium Fakultas Syariah UIN KHAS Jember ke-25, wakil Dekan I Dr. Busriyanti, wakil Dekan II Dr. Martoyo, wakil Dekan III Dr. Ahmadiono, Sekjur, seluruh Koorprodi, Ketua Keluarga Alumni Fakultas Syariah (Kafsya), dan seluruh pengelola Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Pada Yudisium Fakultas Syariah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ke-26, diberikan beberapa penghargaan bagi mahasiswa, yaitu:

1. Penghargaan Peraih IPK Terbaik

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif Terbaik Tingkat Fakultas
Halimatus Sakdiyah
NIM. 205102020010
Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
IPK : 3,83

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif Terbaik Program Studi Hukum Keluarga
Nadia Wulandhari
NIM. 205102010005
IPK : 3,82

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif Terbaik Program Studi Hukum Tata Negara
Ratu Pricilia Putri Erwina
NIM. 201102030035
IPK : 3,82

Peraih Indeks Prestasi Kumulatif Terbaik Program Studi Hukum Pidana Islam
Liyana Nuriyah
NIM. 204102040047
IPK : 3,719

2. Penghargaan Penulis Skripsi Terbaik

Penulis Skripsi Terbaik tingkat Fakultas Syariah
Vina Musarrofah
NIM. 204102020053
Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Judul Skripsi: Penerapan Hukum Kartel Dalam Ratio Decidendi Putusan Komisi Pengawas Persaingan Usaha Nomor 08/KPPU-L/2018

Penulis Skripsi Terbaik Program Studi Hukum Keluarga
Ayu Mutiara Mukti
NIM. 204102010003
Judul Skripsi: Pandangan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali Mengenai Kriteria Baru Mabims Dalam Penentuan Awal Bulan Qomariyah

Penulis Skripsi Terbaik Program Studi Hukum Pidana Islam
Restu Singgih
NIM. 204102040001
Judul Skripsi: Kedudukan Amicus Curiae Sebagai Pertimbangan Hukum Hakim dalam Persidangan Richard Eliezer (Studi Kasus Putusan Nomor: 798/PID.B/2022/PN.JKT.SEL.)

Penulis Skripsi Terbaik Program Studi Hukum Tata Negara
Khuncoro Kadidan Permana
NIM. 204102030001
Judul skripsi: Strategi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Umum 2024 Oleh Komisi Pemilihan Umum Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember)

3. Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Akademik dan Non-Akademik

Nanda Amalia
NIM. 204102030016
Program Studi Hukum Tata Negara
Kategori Presenter International Conference

Silvia Faizzatur Rosida
NIM. 205102010015
Program Studi Hukum Keluarga
Kategori Prestasi Lomba Peradilan Semu

Choirul Anam
NIM. S20174031
Program Studi Hukum Pidana Islam
Kategori Prestasi Penggerak Kemahasiswaan

Faisol Abrori
NIM. S20191026
Program Studi Hukum Keluarga
Kategori Prestasi Lomba

Ahmad Farid Anam
NIM. S204102010095
Program Studi Hukum Keluarga
Kategori Prestasi Lomba Tahfidz

Abdurrohman Fikri
NIM. S20173078
Program Studi Hukum Tata Negara
Kategori Prestasi Pelopor Kepemudaan

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER