Selasa, 17 September, 2024

Sukses Haji 2024, Kakanwil Banten Apresiasi Kebijakan dan Inovasi Menteri Agama RI

MONITOR, Lebak – Kementerian Agama secara resmi telah mengumkan bahwa seluruh operasional penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M telah berakhir dan berjalan sukses.

Kesuksesan penyelenggaraan haji 2024 tersebut kembali di ungkapkan oleh Kepala Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten, Nanang Fatchurrohman dalam Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2024 di KBIHU Mifat Rangkasbitung, Rabu 31 Juli 2024.

Kakanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurrohman mengatakan kesuksesan penyelanggaraan haji tahun 2024 tak lain adalah berkat formulasi 4-3-5 yang diterapkan oleh Kemenag RI.

“Kita patut apresiasi dan berterimakasih kepada Bapak Menteri. Bahwa sukses haji tahun ini bukan hanya klaim dan rasanya kita harus mengakui itu,” Kata Kakanwil Nanang Fatchurrohman saat Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2024, Rabu 31 Juli 2024.

- Advertisement -

Nanang menjelaskan formulasi 4-3-5 yang diterapkan Kemenag pada penyelenggaraan Haji 2024 yaitu itu terdiri dari Empat Perdana di Haji 2024, Tiga Pengembangan Ekosistem Potensi Ekonomi Haji, dan Lima Inovasi Haji 2024.

“Pertama, layanan fast track yang dimana diterapkan pada tiga embarkasi. Yaaitu Bandara Soetta, Bandara Adi Soemarmo Solo dan Djuanda Surabaya. Layanan fast track ini tentu sudah dirasakan oleh 50 persen lebih Jemaah Haji Indonesia,” Imbuh Nanang.

Selain itu, lanjut Nanang untuk pertama kalinya dalam kuota normal, layanan katering diberikan secara penuh selama jemaah berada di Makkah. Bahkan, pada haji tahun ini untuk pertama kalinya Indonesia mendapat kuota tambahan hingga 20 ribu jemaah.

“Itu semua tentu menjadi indikator kesuksesan haji tahun 2024. Selain itu atas Menteri Agama, sebagai ikhtiar untuk mengurangi kepadatan di Muzdalifah, untuk pertama kalinya kebijakan Murur diterapkan secara terencana dan sistematis,” Jelas Nanang.

Tak sampe disitu, Nanang juga mengungkapkan selain empat hal baru yang diterapkan pada pelaksanaan haji tahun 2024 oleh Kementerian Agama, pada haji tahun ini juga Kemenag melakukan pengembangan Ekosistem Potensi Ekonomi Haji, dan Lima Inovasi Haji 2024.

“Semua itu sudah disampaikan oleh Bapak Menteri pada penutupan operasional haji tahun 2024. Dan tentu, semua langkah dan kebijakan itu sangat dirasakan manfaatnya oleh jemaah haji Indonesia. Sekali lagi saya mengucapkan banyak terimkasih kepada Bapak Menteri Agama atas semua kebijakannya sehingga jemaah kita terutama dari Provinsi Banten mendapatkan layanan terbaik selama menjalankan ibadah haji,” tutup Nanang.

Hadir dalam Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Haji Tahun 2024 diantaranya Kakanwil Kemenag Banten, Kabid PHU, Sekjen DPP FK KBIHU, Bendum DPP FK-KBIHU, DPW FK KBIH Provinsi Banten, DPD FK KBIHU Kabupaten Kota Se-Banten.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER