BERITA

Sekjen Kemenag: Transformasi Digital Harus Memudahkan dan Menjangkau Masyarakat

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal Muhammad Ali Ramdhani mengatakan bahwa transformasi digital layanan pemerintah harus memudahkan dan menjangkau kepada kebutuhan masyarakat. Hal itu penting agar layanan yang diberikan bisa dirasakan langsung dampaknya bagi masyarakat.

Sekjen menjelaskan, sesuai data dari Kominfo saat ini 77 persen masyarakat Indonesia sudah menjangkau internet. Artinya, peralihan layanan ke digital adalah sebuah keharusan. “Hari ini kita melakukan ransformasi dilakukan agar tidak old school, tidak ketinggalan zaman, harus agile, lebih ramah, maka program transformasi itu harus dilakukan,” ungkap Ali saat menjadi pembicara pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXVII, Rabu (17/6/2024).

Sesuai data dari Kominfo, terang Sekjen, saat ini jumlah gawai yang dimiliki sudah melebihi populasi penduduk. “Artinya saat ini sebagian besar masyarakat sudah sebagian besar beraktivitas di gawainya, baik untuk kerja maupun hiburan. Bahkan sesuai data juga, rata-rata aktivitas internet masyarakat Indonesia 7 jam perhari,” jelasnya.

Meski demikian, Ali menilai transformasi digital tidak berarti hanya membuat website atau aplikasi. “Karena justru banyaknya sistem informasi ternyata tidak memudahkan masyarakat malah mempersulit,” ucapnya.

Oleh karena itu, ia melanjutkan, dalam membangun layanan yang berbasis teknologi Informasi, harus terintegrasi, mampu memberikan kenyamanan, kemudahan, serta transparansi bagi penggunanya.

Selain itu, Ali juga mengatakan bahwa layanan digital yang dibuat juga harus mudah diakses, cepat, aman, user friendly dan sedia setiap saat. Termasuk juga bisa diakses dalam dalam berbagai pltform termasuk Platform Mobile baik Android maupun Ios

Tak kalah penting, Ali mengatakan bahwa dalam membangun aplikasi digital, juga harus memperhatikan serta mempertimbangkan infrastruktur dan tentunya keamanan. Karena menurutnya itu juga menjadi salah satu kunci keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Kalau kita ambil study kasus di Kemenag semua memiliki backup-nya. Bahkan ada yang di Singapura dan juga di Indonesia, makanya kita saat PDN diserang kita hampir sama sekali tak terganggu, karena memiliki keamanan dan backup data sendiri,”ujarnya.

“Sekali lagi, Hari ini kita sedang bertransformasi. Banyak hal, baik budaya, dan tentunya digital. Dan digital ini efeknya langsung. Harapan kita Kemenag mampu memberikan layanan yang terbaik. Dan bisa menyapa masyarakat lebih cepat dan manusiawi,” tutupnya.

Recent Posts

Bulan Sabit Merah Indonesia Kembali Berangkatkan 6 Dokter Sepsialis ke Gaza

MONITOR, Jakarta - Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) kembali mengirimkan Emergency Medical Team (EMT) ke-3…

1 jam yang lalu

Memperkuat Ekosistem SDM BUMN Menuju Kepemimpinan Adaptif, Jasa Marga dan Jasa Raharja Tandatangani MoU Talent Mobility

MONITOR, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. dan PT Jasa Raharja menegaskan komitmen sinergi…

4 jam yang lalu

DPR Soal Penghentian Aktivitas Sekolah di Kawasan Konservasi, Anak-anak Tak Boleh Kehilangan Hak Pendidikan

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, MY Esti Wijayati menanggapi serius persoalan…

5 jam yang lalu

Capai 4,52 Juta Unit Usaha, Menperin Optimistis IKM Berkontribusi Percepat Dekarbonisasi Sektor Industri

MONITOR, Jakarta - Industri kecil dan menengah (IKM) memiliki peran strategis sebagai tulang punggung perekonomian…

7 jam yang lalu

Kemenag dan Kementerian ATR/BPN Sinergi dalam Percepatan Sertifikasi Tanah Wakaf

MONITOR, Jakarta - Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama (Kemenag) terus memperkuat kolaborasi lintas…

7 jam yang lalu

Launching LBH UMKM: Sinergi Strategis untuk Perlindungan Hukum Pelaku Usaha Kecil

MONITOR, Jember - Sebagai langkah konkret memperkuat ekosistem usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di…

8 jam yang lalu