Selasa, 16 Juli, 2024

Kesigapan Damkar, Jasamarga dan Pertamina Padamkan Mobil Tangki di Tol

MONITOR, Ngawi – Tim Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Ngawi bersama dengan Pertamina berhasil memadamkan kobaran api pada mobil tangki BBM di ruas tol Ngawi – Kertosono. Kesigapan ini berhasil menghentikan resiko sebaran api meluas dan mengganggu perjalanan di ruas tol.

Sebagai salah satu jalur lintas distribusi BBM di wilayah operasional Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus, ruas tol Ngawi – Kertosono memiliki peran strategis dalam mata rantai distribusi BBM. Moda darat dengan menggunakan puluhan mobil tangki melintasi ruas tol tersebut dari 3 Fuel Terminal (FT) yang bebeda setiap harinya.

Hal ini didukung dengan kesiap siagaan Tim Pertamina, Damkar, Patroli Jalan Raya (PJR) dan Jasamarga selaku pengelola jalan tol dalam mengantisipasi resiko kejadian yang tidak diinginkan di ruas tersebut. Kejadian pada Hari Selasa (25/6) kemarin, sekira pukul 18.40 WIB, berhasil ditangani dengan cepat dan tidak menimbulkan gangguan lalu lintas yang panjang.

Mobil tangki BBM Nopol N 9731 UF, dengan kapasitas total 24 Kilo Liter (KL) yang terbakar dapat dipadamkan dalam waktu kurang dari 2 jam sejak api mulai menyala, dengan bantuan 3 unit Mobil Damkar Kab. Ngawi yang terdekat dari lokasi insiden tersebut.

- Advertisement -

Area Manager Comrel & CSR Pertamina Patra Niaga Region Jatimbalinus, Ahad Rahedi menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kesigapan Tim Damkar Kab. Ngawi dan Jasamarga dalam merespon dan membantu memadamkan mobil tangki BBM yang dikelola oleh PT Sinar Wahana Surya.

“Dengan upaya cepat yang dilakukan, insiden yang bisa mengganggu perjalanan masyarakat di ruas tol Ngawi – Kertosono dapat ditangani dengan baik dan lancar. Kami memberikan apresiasi yang tinggi bagi Tim Damkar Kab. Ngawi, PJR dan juga Jasamarga, dengan dukungan yang mendapat perhatian cepat dan sigap seperti ini, maka kami dapat fokus melakukan distribusi energi dan melayani kebutuhan masyarakat,” ujar Ahad.

Ketua Tim Damkar Kab. Ngawi, Koko Junianto menyampaikan bahwa pihaknya merespon informasi yang mereka terima dengan langsung mengirimkam 3 unit mobil Damkar dan tim ke lokasi. “Tim Damkar melakukan pengamanan dan penanganan di lokasi, dengan membantu Awak Mobil Tangki (AMT) yang pada saat kami tiba sudah berupaya memadamkan api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang ada di setiap mobil tangki BBM,” ujar Koko.

Api dinyatakan padam pukul 20.00 WIB dan dini hari tadi, mobil tangki sudah dapat dievakuasi. Pertamina akan terus berkoordinasi dengan Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) dan Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Ngawi untuk meninjau dan menemukenali penyebab terjadinya percikan api di mobil tangki tersebut.

“Pendistribusian BBM di wilayah Jawa Timur tidak mengalami gangguan akibat insiden tadi malam, penyaluran dari FT Madiun ke SPBU dilayani oleh 48 unit mobil tangki, termasuk mobil tangki cadangan yang dibutuhkan jika terjadi insiden yang tidak diharapkan seperti ini,” tutup Ahad.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER