BERITA

Pelayanan Jemaah Maksimal, JMM Apresiasi Pelaksanaan Haji 2024

MONITOR, Jakarta – Jaringan Muslim Madani (JMM) mengapresiasi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) 2024 atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji musim 2024 dengan pelayanan maksimal kepada jemaah dari pemondokan, transportasi, konsumsi, kesehatan hingga layanan lansia dan disabilitas.

Direktur Eksekutif JMM, Syukron Jamal mengatakan indikator suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 2024 ini adalah lancarnya proses puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina) yang menjadi fase penting dan krusial dimana dalam pelaksanaannya jemaah terlayani dengan baik dalam menjalankan ibadah yakni wukuf, mabit dan melempar jumrah.

“Pantauan kami langsung di lapangan mengikuti rangkaian puncak haji Armuzna manajeman pelayanan berjalan baik dan matang seperti skema murur di Muzdalifah hingga arus pergerakan Jemaah ke Jamarot dengan pelayanan maksimal petugas haji,” ujar Syukron kepada media di Jamarot, Mina, Mekah, Rabu (19/5/2024).

Atas suksesnya fase puncak haji tersebut, menurut Syukron tahun ini tidak terjadi hal-hal yang dikhawatirkan banyak pihak terkait dengan risiko keselamatan jemaah haji Indonesia.

“Dengan maksimalnya pelayanan tersebut hal-hal krusial pada fase puncak haji seperti jemaah kelelahan, hilang dan tersesat dapat betul-betul diminimalisir dan diatasi dengan cepat dan tanggap oleh PPIH utamanya melalui peran petugas haji di lapangan,” tutur Syukron.

Adapun terkait layanan pemondokan di Mina over load banyak disoroti oleh segelintir pihak, JMM kata Syukron menilai kenyataan di lapangan tidak semua terjadi sehingga tidak bisa digeneralisir.

“Saya ikut bermalam hingga nafar tsani, kondisi secara umum baik. Pemondokan tidak ada masalah, Makanan berlimpah. Jika pun ada kendala-kendala seperti antre di kamar mandi itupun tidak berlangsung lama dan tidak krodit, hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu,” jelasnya.

“Jadi saya kira soal pelayanan-pelayanan dan sukses penyelenggaraan itu bisa langsung ditanyakan kepada jemaah kita yang merasakan langsung dan silahkan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” tegas Syukron.

Terakhir Syukron berharap sukses penyelenggaraan haji 2024 ini dapat terus ditingkatkan atau minimal dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang sehingga jemaah haji Indonesia dapat terlayani dengan baik dalam menjalankan ibadah di tanah suci untuk menggapai haji yang mabrur.

Recent Posts

Kuota Haji 2026 Diumumkan 15 Muharram 1447 H

MONITOR, Madinah - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengatakan bahwa hingga saat ini negara-negara pengirim…

4 jam yang lalu

Banyak Gen Z Kena Sifilis, DPR Dorong Adanya Layanan Deteksi Dini Gratis Rahasia di Puskesmas

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher merespons data Kementerian Kesehatan…

9 jam yang lalu

Seleksi Beasiswa Indonesia Bangkit Akan Masuki Tahap Tes Bakat Skolastik dan Kepribadian

MONITOR, Surabaya - Seleksi Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kementerian Agama RI akan memasuki tahap II,…

11 jam yang lalu

BKSAP DPR Semprot Legislator Inggris yang Singgung Isu HAM Papua di Forum Parlemen Dunia

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI, Irine Yusiana Roba…

13 jam yang lalu

Mahasiswa Diringkus Saat Aksi di Depan Wapres, DPR: Aparat Jangan Represif dan Over-Reaction

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI Abdullah mengkritik penghadangan dan penahanan sementara terhadap…

14 jam yang lalu

Kota Lama Banyumas Jadi Magnet Baru Wisata Heritage Usai Ditata Kementerian PU

MONITOR, Jakarta - Pariwisata merupakan salah satu sektor vital yang dapat menggerakkan perekonomian daerah. Dalam…

15 jam yang lalu