BERITA

Pelayanan Jemaah Maksimal, JMM Apresiasi Pelaksanaan Haji 2024

MONITOR, Jakarta – Jaringan Muslim Madani (JMM) mengapresiasi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) 2024 atas suksesnya penyelenggaraan ibadah haji musim 2024 dengan pelayanan maksimal kepada jemaah dari pemondokan, transportasi, konsumsi, kesehatan hingga layanan lansia dan disabilitas.

Direktur Eksekutif JMM, Syukron Jamal mengatakan indikator suksesnya penyelenggaraan ibadah haji 2024 ini adalah lancarnya proses puncak haji di Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina) yang menjadi fase penting dan krusial dimana dalam pelaksanaannya jemaah terlayani dengan baik dalam menjalankan ibadah yakni wukuf, mabit dan melempar jumrah.

“Pantauan kami langsung di lapangan mengikuti rangkaian puncak haji Armuzna manajeman pelayanan berjalan baik dan matang seperti skema murur di Muzdalifah hingga arus pergerakan Jemaah ke Jamarot dengan pelayanan maksimal petugas haji,” ujar Syukron kepada media di Jamarot, Mina, Mekah, Rabu (19/5/2024).

Atas suksesnya fase puncak haji tersebut, menurut Syukron tahun ini tidak terjadi hal-hal yang dikhawatirkan banyak pihak terkait dengan risiko keselamatan jemaah haji Indonesia.

“Dengan maksimalnya pelayanan tersebut hal-hal krusial pada fase puncak haji seperti jemaah kelelahan, hilang dan tersesat dapat betul-betul diminimalisir dan diatasi dengan cepat dan tanggap oleh PPIH utamanya melalui peran petugas haji di lapangan,” tutur Syukron.

Adapun terkait layanan pemondokan di Mina over load banyak disoroti oleh segelintir pihak, JMM kata Syukron menilai kenyataan di lapangan tidak semua terjadi sehingga tidak bisa digeneralisir.

“Saya ikut bermalam hingga nafar tsani, kondisi secara umum baik. Pemondokan tidak ada masalah, Makanan berlimpah. Jika pun ada kendala-kendala seperti antre di kamar mandi itupun tidak berlangsung lama dan tidak krodit, hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu,” jelasnya.

“Jadi saya kira soal pelayanan-pelayanan dan sukses penyelenggaraan itu bisa langsung ditanyakan kepada jemaah kita yang merasakan langsung dan silahkan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” tegas Syukron.

Terakhir Syukron berharap sukses penyelenggaraan haji 2024 ini dapat terus ditingkatkan atau minimal dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang sehingga jemaah haji Indonesia dapat terlayani dengan baik dalam menjalankan ibadah di tanah suci untuk menggapai haji yang mabrur.

Recent Posts

Menag: Cari Guru Agama, Perhatikan Sanad Keilmuannya dan Jangan Asal Ikuti

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar menekankan bahwa pemilihan guru ibadah yang tepat sangat…

8 jam yang lalu

Kemenimipas Luncurkan Imipas Dalam Angka Edisi 2025

MONITOR, Jakarta - Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan (Kemenimipas) terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong transparansi publik…

10 jam yang lalu

Ratusan Tokoh Diusulkan Raih Pesantren Award 2025

MONITOR, Jakarta - Pesantren Award 2025 segera memasuki tahap seleksi. Ada ratusan tokoh yang diusulkan…

12 jam yang lalu

Soroti Sekolah di Kabupaten Lebak, DPR: Rata-rata Tidak Lulus SMP

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi VIII DPR RI, Selly Andriany Gantina, menyoroti kondisi pendidikan di…

15 jam yang lalu

Tokoh Muda Aceh: Jangan Biarkan UUPA jadi Kosmetik Elit Politik

MONITOR, Jakarta - Ada satu hal yang kerap terulang dalam sejarah politik Indonesia yaitu regulasi…

16 jam yang lalu

Menag Klaim Masjid, Rumah Besar Kemanusiaan

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar meresmikan Masjid Raya Al Bakrie di Bandar Lampung,…

17 jam yang lalu