BUMN

Tahun 2023, Pertamina Kontribusi Rp426 Triliun Pada Penerimaan Negara

MONITOR, Jakarta – Sepanjang tahun 2023, PT Pertamina (Persero) berkontribusi hingga Rp425,5 triliun kepada penerimaan negara. Kontribusi tersebut berasal dari pembayaran pajak dan dividen. Sebagai BUMN, Pertamina berkomitmen turut menggerakan perekonomian nasional, sehingga taat pembayaran pajak menjadi salah satu hal yang dijalankan.

“Kontribusi kami terhadap penerimaan fiskal ini seiring dengan pertumbuhan bisnis Pertamina yang baik. Kami meyakini, komitmen Pertamina untuk menjalankan praktik bisnis yang bertanggung jawab, termasuk pada kepatuhan pada aturan perpajakan, mencerminkan kemampuan Pertamina dalam pengelolaan keuangan yang sehat dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik,” jelas Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

Kontribusi penerimaan negara dari Pertamina terdiri dari pembayaran pajak sebanyak Rp224,53 triliun, yakni Pajak Penghasilan (PPh), pajak dibayar di muka, pajak pertambahan nilai (PPN) keluaran, custom atau bea masuk, dan pajak daerah.

Selain pajak, penerimaan lain yakni Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp66,17 triliun, dividen dan signature bonus sebesar Rp14,03 triliun.

Kontribusi lain yang diberikan Pertamina adalah dalam bentuk Minyak Mentah dan Kondensat Bagian Negara (MMKBN) yang pada tahun 2023 mencapai Rp120,79 triliun.

Sementara itu, selain taat pajak, Pertamina juga berkontribusi pada implementasi program kewajiban Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Sepanjang 2023, Pertamina Group berhasil menyerap TKDN sebesar Rp374 triliun, atau mencapai 47% dari total TKDN BUMN secara nasional. Komitmen Pertamina dalam TKDN bertujuan untuk mendorong bertumbuhnya industri dalam negeri.

“Dengan kontribusi Pertamina kepada negara dan industri ini, diharapkan dapat mendukung multiplier effect yang positif bagi masyarakat, menggerakkan industri di Tanah Air dan mendorong perekonomian nasional,” tutup Fadjar.

Recent Posts

Pembahasan Revisi UU Pelayaran, Komisi V Tinjau Infrastruktur Pelabuhan Belawan

MONITOR, Jakarta - Komisi V DPR RI terus mempercepat pembahasan RUU Pelayaran sebelum periode DPR RI…

9 jam yang lalu

Irjen Kemenag Klaim Petugas Haji Tahun ini Meningkat

MONITOR, Jakarta - Inspektur Jenderal Kementerian Agama, Faisal Ali Hasyim menyebut kinerja petugas haji 1445…

10 jam yang lalu

Kemenperin Tingkatkan Jumlah Serapan Tenaga Kerja di Industri

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian terus berupaya meningkatkan jumlah lulusan dari unit pendidikan vokasi binaannya…

11 jam yang lalu

Pertamina NRE Naikkan Delapan Kali Lipat Investasi, Target 6 GW di 2029!

MONITOR, Jakarta - Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) menjadi ujung tombak Pertamina dalam…

12 jam yang lalu

Dear Jamaah, Nekat Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi Bisa Didenda Rp 25 Juta

MONITOR, Jakarta - Jemaah haji Indonesia dilarang membawa air Zamzam dalam koper bagasi saat kepulangan…

13 jam yang lalu

Menperin Minta Menkeu Konsisten antara Pernyataan dan Kebijakannya Terkait Industri TPT

MONITOR, Jakarta - Menanggapi pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja dengan Dewan…

16 jam yang lalu