Senin, 15 Juli, 2024

Janji Menag kepada Surini dan Seluruh Jemaah Haji, Sekuat Tenaga Beri Pelayanan

MONITOR, Jakarta – Senyum Surini tak berhenti mengembang dari bibirnya. Pasalnya, di hari ulang tahunnya, ia tengah berada di tanah suci Makkah mengikuti rangkaian ibadah hajinya.

Lebih bahagia, karena di hari jadinya tersebut, ia juga bertemu dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Saat bertemu Gus Men, Surini minta agar anak-anaknya didoakan bisa berangkat haji. ”Alhamdulillah, nggeh, Gus, panjenengan dongake, mugi anak kulo dugi ngriki sedoyo (Alhamdulillah, ya, Gus, mohon doakan anak-anak saya bisa ke sini semua),” pinta Surini pada Gus Men, di Makkah, Selasa (11/6/2024).

”Amin, amin, insya Allah tekan kene kabeh (Amin, amin insyaAllah bisa ke sini semua),” balas Gus Men.

Di akun media sosial pribadinya, Gus Men juga mengunggah pertemuannya dengan Surini. ”Ibu Surini. Berjualan sayur dan menyisihkan keuntungannya sejak tahun 1975 hingga bisa berangkat haji tahun ini di usia 68 tahun,” tulis Gus Men pada unggahan Facebooknya.

- Advertisement -

Surini adalah jemaah haji kloter SOC 82, asal embarkasi Solo. Ia naik haji dari hasil berjualan sayur. Keuntungan penjualan sayur tersebut ia sisihkan dan ditabung untuk berangkat ke tanah suci. Ia menabung sejak 49 tahun yang lalu.

Gus Men juga menulis bahwa pertemuannya dengan Surini dalam rangka memberi ucapan ulang tahun sekaligus ingin merasakan kebahagiaan Surini yang berlipat-lipat. ”Hari ini Bu Surini ulang tahun. Saya berkesempatan menemuinya dan merasakan kebahagiaan dan syukur yang dia rasakan berlipat-lipat,” tambah Gus Men.

Ia juga berjanji kepada Surini dan para jemaah haji Indonesia yang lain untuk berusaha sekuat tenaga memberikan layanan terbaik. “Kepada Ibu Surini Ibu Surini yang lain, juga jamaah haji seluruhnya, pemerintah sekuat tenaga memberikan layanan terbaik. Bismillahi tawakkaltu ‘alallah,” pungkasnya.

Berdasarkan penuturan Staff Khusus Menteri Agama bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, pertemuan Surini dengan Menag tersebut bertempat di Kantor Petugas Haji Daerah Kerja (Daker) Mekkah. ”Siang tadi bertemu di daker Makkah,” terang Gus Bowo, panggilan akrabnya.

Wibowo juga menyebut bahwa Surini menangis bahagia karena bisa bertemu Gus Men dan mendapatkan ucapan selamat dari Menteri Agama itu, apalagi pertemuan itu terjadi di tanah suci. ”Bu surini senang banget bisa ketemu Gus Men. Nangis karena bahagia bisa bertemu gus men dan mengungkapkan rasa syukur bisa berangkat haji setelah menabung bertahun-tahun, menyisihkan uang dari jualan sayur,” ungkap Wibowo.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER