Sabtu, 15 Juni, 2024

Holding RS BUMN IHC Gelar RUPS Tahunan, Catatkan Capaian Kinerja Positif di Tahun 2023

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina Bina Medika IHC (IHC), Holding Rumah Sakit (RS) BUMN, mencatatkan pencapaian kinerja positif selama periode tahun 2023. Hal tersebut disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan tahun buku 2023 yang diselenggarakan di Park Hyatt Jakarta pada Rabu, 29 Mei 2024. Acara tersebut turut dihadiri oleh para pemegang saham atau kuasanya serta Dewan Komisaris.

Pada periode tahun 2023 IHC berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp5,72 triliun, meningkat 14,90% dibandingkan dengan periode tahun 2022 yaitu sebesar Rp4,98 triliun. IHC juga berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp300 miliar, naik 63% dibandingkan tahun 2022.

Perseroan juga berhasil mempertahankan kinerja pada tahun buku 2023 dengan peringkat AA (Double A) atau stable outlook berdasarkan pemeringkatan perusahaan oleh PT Pemeringkatan Efek Indonesia (PEFINDO).

Pada RUPS Tahunan tersebut para pemegang saham telah menyetujui laporan tahunan termasuk pengesahan laporan keuangan dan menyepakati pembagian dividen tahun buku 2023 kepada pemegang saham adalah sebesar 10%.

- Advertisement -

Kinerja positif IHC di tahun 2023 turut didukung oleh peningkatan kinerja operasional dimana jumlah kunjungan rawat inap di rumah sakit IHC meningkat 117%, sedangkan kunjungan rawat jalan naik 111% dibandingkan tahun 2022.

Direktur Utama IHC drg. Mira Dyah Wahyuni, MARS menyampaikan, kinerja positif tahun 2023 mencerminkan keberhasilan IHC dalam mengimplementasikan berbagai strategi transformasi yang inovatif dan efektif. “Kami melakukan pengembangan pusat-pusat unggulan yang dilengkapi dengan teknologi medis mutakhir dan tenaga ahli terbaik di bidangnya. Center of Excellence (CoE) kami tidak hanya berfokus pada pengobatan dan perawatan yang spesifik, tetapi juga pada penelitian dan pengembangan untuk terus memperbaiki standar layanan kesehatan,” ujar drg. Mira.

Capaian kinerja positif IHC di tahun 2023 juga mendapatkan apresiasi dari Dewan Komisaris dan pemegang saham.

Komisaris Utama IHC Farid Harianto menyampaikan, Dewan Komisaris meyakini bahwa masih terdapat potensi bisnis yang cukup besar bagi IHC untuk bertumbuh secara berkelanjutan dengan memanfaatkan momentum dari pencapaian kinerja tahun 2023. “Kami memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi kepada perusahaan hingga dapat sampai pada tahapan ini, khususnya kepada Direksi beserta seluruh karyawan yang telah bekerja keras dan penuh dedikasi,” jelas Farid.

Senada, VP Portfolio & Performance Management PT Pertamina (Persero) Asep Samsul Arifin selaku salah satu perwakilan pemegang saham optimis IHC dapat mencapai pertumbuhan kinerja yang lebih baik di tahun 2024. “Dengan kombinasi kinerja keuangan yang solid, peningkatan kinerja operasional yang signifikan, dan komitmen terhadap tanggung jawab sosial, IHC dapat terus bertumbuh dan berkembang menjadi perusahaan layanan kesehatan terdepan di Indonesia IHC,” tambahnya.

Pada kesempatan lainnya, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan kinerja positif yang dicatatkan Pertamedika IHC menunjukkan mampu mengembangkan layanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. “Pertamina akan terus mendorong kinerja IHC yang lebih profesional dan menjalankan peran dan tanggung jawabnya dalam pelayanan kesehatan,” ujar Fadjar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER