Kabar Haji

Apa Kata Jemaah tentang Layanan Fast Track? Alhamdulillah Cepet

MONITOR, Jakarta – Senyum mengembang di wajah Munir (56), jemaah haji asal Lamongan yang tergabung dalam kloter 8 Embarkasi Surabaya (SUB-08). Dia mengaku terbantu seiring dengan adanya layanan fasttrack tahun ini di Bandara Juanda Surabaya.

Fast track merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor, dilakukan oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Sehingga, setibanya di bandara Madinah atau Jeddah, bisa langsung menuju bus untuk ke hotel.

“Jalur fast track ini sangat membantu, menyenangkan, karena begitu sampai langsung naik ke bus menuju hotel. Tanpa harus antri berlama-lama di bandara,” ungkap Munir setibanya di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Selasa (14/5/2024).

Layanan fast trcak kali pertama diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Mulai tahun ini, layanan sejnis juga diberlakukan di Bandara Adi Seomarmo Solo dan Bandara Juanda Surabaya. “Saya berharap, fast track juga dapat dirasakan seluruh embarkasi. Meski saat ini sudah dirasakan di tiga embarkasi sekaligus,” katanya.

Munir berprofesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Lamongan. Ini bukanlah kali pertama keberangkatannya menunaikan ibadah haji. Menurutnya, layanan haji semakin tahun semakin bagus.

“Layanan haji semakin tahun semakin bagus. Dibandingkan yang dulu-dulu, dulu hotel jemaah sangat jauh. Sekarang, hotel jemaah bahkan paling jauh 350 meter dari Nabawi,” imbuh pembimbing pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) ini.

“Saya sampaikan terima kasih pada pemerintah Indonesia, Kementerian Agama tentunya, untuk kebaikan layanan haji. Semoga ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” harapnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Lestari (46). Jemaah haji asal Lampung yang tergabung dalam kloter 6 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG-06) juga senang dengan layanan fast track.

“Alhamdulillah, cepet. Tidak harus antri. Petugas juga sigap melayani, menyambut dengan senyuman. Makanan enak, semua layanan baik. Terima kasih ya mbak,” ungkapnya dengan mata berkaca.

Recent Posts

Kemenag Perpanjang Pelunasan Biaya Haji Reguler Hingga 25 April 2025

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama memperpanjang Tahap II pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Reguler…

3 jam yang lalu

Panglima TNI: Revisi UU TNI Berdasarkan Prinsip Demokrasi dan Supremasi Sipil

MONITOR, Jakarta - Dinamika lingkungan strategis menuntut TNI untuk selalu beradaptasi dan semakin profesional dalam…

5 jam yang lalu

Pengamat: Layak Diapresiasi Publik, Panen Raya Padi 2025 Sangat Tinggi

MONITOR, Jakarta - Pengamat kebijakan publik dari Spora Communication, Dr. Rizky Fajar Meirawan, menilai capaian…

6 jam yang lalu

Ramai Kasus Pelecehan Dokter, Legislator Minta Korban Jangan Malu Lapor dan Polisi Harus Cepat Respons

MONITOR, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI, Gilang Dhielafararez menyoroti maraknya peristiwa kekerasan seksual…

7 jam yang lalu

Kesejahteraan Meningkat, Mentan Amran: Petani Bahagia, Harga Kelapa Naik

MONITOR, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa saat ini para petani…

7 jam yang lalu

Mulai 19 April 2025, Tol Binjai-Langsa Seksi Tanjung Pura-Pangkalan Brandan Akan Ditetapkan Tarif

MONITOR, Sumut - PT Hutama Karya (Persero) atau Hutama Karya akan memberlakukan tarif pada Jalan Tol…

8 jam yang lalu