Kabar Haji

Apa Kata Jemaah tentang Layanan Fast Track? Alhamdulillah Cepet

MONITOR, Jakarta – Senyum mengembang di wajah Munir (56), jemaah haji asal Lamongan yang tergabung dalam kloter 8 Embarkasi Surabaya (SUB-08). Dia mengaku terbantu seiring dengan adanya layanan fasttrack tahun ini di Bandara Juanda Surabaya.

Fast track merupakan fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen keimigrasian, seperti visa dan paspor, dilakukan oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Sehingga, setibanya di bandara Madinah atau Jeddah, bisa langsung menuju bus untuk ke hotel.

“Jalur fast track ini sangat membantu, menyenangkan, karena begitu sampai langsung naik ke bus menuju hotel. Tanpa harus antri berlama-lama di bandara,” ungkap Munir setibanya di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, Selasa (14/5/2024).

Layanan fast trcak kali pertama diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Mulai tahun ini, layanan sejnis juga diberlakukan di Bandara Adi Seomarmo Solo dan Bandara Juanda Surabaya. “Saya berharap, fast track juga dapat dirasakan seluruh embarkasi. Meski saat ini sudah dirasakan di tiga embarkasi sekaligus,” katanya.

Munir berprofesi sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Lamongan. Ini bukanlah kali pertama keberangkatannya menunaikan ibadah haji. Menurutnya, layanan haji semakin tahun semakin bagus.

“Layanan haji semakin tahun semakin bagus. Dibandingkan yang dulu-dulu, dulu hotel jemaah sangat jauh. Sekarang, hotel jemaah bahkan paling jauh 350 meter dari Nabawi,” imbuh pembimbing pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) ini.

“Saya sampaikan terima kasih pada pemerintah Indonesia, Kementerian Agama tentunya, untuk kebaikan layanan haji. Semoga ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” harapnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan Lestari (46). Jemaah haji asal Lampung yang tergabung dalam kloter 6 Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG-06) juga senang dengan layanan fast track.

“Alhamdulillah, cepet. Tidak harus antri. Petugas juga sigap melayani, menyambut dengan senyuman. Makanan enak, semua layanan baik. Terima kasih ya mbak,” ungkapnya dengan mata berkaca.

Recent Posts

Menag Dampingi Prabowo Terima GNB, Bahas Aspirasi Kebangsaan

MONITOR, Jakarta - Menteri Agama Nasaruddin Umar mendampingi Presiden Prabowo Subianto dalam pertemuan dengan Gerakan…

32 menit yang lalu

Beasiswa Maroko Siap Berangkat, Direktur Diktis Bagikan Pengalaman Pada 44 Mahasiswa Terpilih

MONITOR, Tangerang - Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Sahiron melepas 44 Siswa yang akan…

2 jam yang lalu

Operasi Berhasil, Relawan MER-C Selamatkan Remaja Gaza yang Terluka

MONITOR, Gaza - Relawan Emergency Medical Team (EMT) MER-C, dr. Eka Budhi Satyawardhana, SpBS., bersama…

3 jam yang lalu

Kaji Penggunaan SGLT2 Inhibitor untuk Pasien Gagal Jantung, Mahasiswi Kedokteran UPH Juara Pertama di Ajang JNM 2025

MONITOR, Jakarta - Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), gagal jantung kini menjadi salah satu penyakit kardiovaskular…

4 jam yang lalu

Sembilan Belas Kader Ulama Raih Beasiswa Studi Singkat di AS

MONITOR, Jakarta - Sembilan belas mahasiswa Program Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI) dilepas untuk…

6 jam yang lalu

TNI Bergerak Cepat Evakuasi Korban Banjir di Denpasar, Kerahkan Ratusan Prajurit

MONITOR, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bali sejak dua hari terakhir mengakibatkan banjir…

8 jam yang lalu