PEMERINTAHAN

Sri Mulyani Hadiri Peluncuran Peta Jalan Aksesi Indonesia di OECD dalam Ministerial

MONITOR, Jakarta – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri pertemuan OECD Ministerial Council Meeting (MCM) 2024 pada 2-3 Mei 2024 lalu di Paris, Perancis. Pertemuan OECD MCM merupakan agenda tahunan OECD yang diikuti oleh negara anggota dan mitra utama (key partners) OECD untuk membahas sejumlah agenda global terkini, agendaprioritas OECD ke depan, serta perkembangan proses aksesi sejumlah negara yang akan menjadi anggota OECD. Dalam pertemuan MCM 2024, Delegasi Indonesia terdiri atas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan Duta Besar Indonesia untuk Prancis Mohamad Oemar.

Secara garis besar, penyelenggaraan MCM 2024 merupakan refleksi komitmen OECD untuk mendukung para pembuat kebijakan di seluruh dunia dalam mengembangkan respons kebijakan yang tepat dan terkoordinasi dengan baik berdasarkan nilai-nilai bersama. Diantaranya nilai demokrasi, perlindungan hak asasi manusia, supremasi hukum, dan prinsip ekonomi berbasispasar untuk mencapai komitmen penguatan kerja sama multilateral yang semakin kuat danefektifdalam menghadapi dinamika agenda global melalui tata kelola kebijakan yang kuat dan efektif.

Dalam rangkaian kegiatan MCM 2024, Menkeu Sri Mulyani Indrawati bersamaWakil Perdana Menteri dan Menteri Sosial dan Ketenagakerjaan Belanda Karien Van Gennip, Menteri Keuangan Chile Mario Marcel Cullell, Menteri Keuangan Barbados Ryan Straughn, Menteri Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan Singapura Grace Fu, serta Wakil Presiden Eksekutif Bidang Ekonomi Komisi Eropa Valdis Dombrovskis hadir sebagai panelis padasesi Ministerial Dialogue for Inclusive Forum on Carbon Mitigation Approaches (IFCMA) dengan tema Optimising Global Climate Action Through Data, Policy Advice and Increased International Cooperation: The Role of the IFCMA.

Pada sesi ministerial dialogue ini, Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kembali
komitmen Indonesia sebagai salah satu negara yang terdepan dalam melakukan transisi energi melalui sejumlah kebijakan diantaranya, country platform untuk Mekanisme Transisi Energi (Energy Transition Mechanism / ETM), the Just Energy Transition Partnership (JETP), serta pengembangan kebijakan carbon pricing melalui sistem perdagangan emisi di sektor energi, khususnya subsektor pembangkit tenaga listrik.

Transisi energi di Indonesia dilakukan dengan prinsip menjaga keseimbangan trilema energi yang mencakup, (i) energy security; (ii) energyaffordability; dan (iii) energy sustainability. Menkeu Sri Mulyani Indrawati juga menyampaikan bahwa kebijakan transisi menuju ekonomi hijau dan berkelanjutan (green and sustainable economic transition), khususnyadi sektorenergi membutuhkan dukungan pembiayaan (transition financing) yang sangat besar, termasukSP –22/KLI/2024 2/2 pentingnya akses terhadap teknologi.

Dukungan kerja sama global sangat dibutuhkan dalam memobilisasi sumber pembiayaan dan meningkatkan akses bagi negara berkembang. Sri Mulyani menegaskan, “Para Menteri Keuangan di seluruh dunia memiliki peran sentral untuk merealisasikan rencana aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, karena pada akhirnya semua aksi tersebut membutuhkan pembiayaan”. Dalam rangkaian pertemuan OECD MCM 2024, Sekretaris Jenderal OECD Mathias Cormann melakukan penyerahan (handover) dokumen Peta Jalan Aksesi Menuju Keanggotaan Indonesia dan Argentina (Roadmap for the OECD Accession Process of Indonesia and Argentina).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Argentina Santiago Cafiero memberikan sambutan terhadap penetapan dokumen tersebut yang menjadi tonggak penting bagi Indonesia dan Argentina dalam proses aksesi untuk menjadi anggota penuh OECD. Pada kesempatan MCM 2024, juga berlangsung peringatan Sepuluh Tahun Program Kerja Sama OECD dengan Negara Asia Tenggara (the 10 th Anniversary of OECD Southeast AsiaRegional Programme / OECD SEARP).

Forum ini dibentuk pada tahun 2014, dan Indonesia bersama Jepang berkesempatan menjadi pimpinan bersama (Co-chairs) pada tahun 2014 s.d. 2017. Pertemuan MCM tahun 2024 ini mengusung tema Leading Global Discussionswith Objective and Reliable Approaches Towards Sustainable and Inclusive Growth, dengan tiga agenda utama yaitu, (i) A Diverse, Inclusive, and Likeminded OECD: Strengthening the Outreachof ourWork; (ii) An Economic Order Based on the Shared Values: Firmly Maintaining Free and Fair Tradeand Enhancing Economic Resilience; dan (iii) Co-creating a Better Future: Addressing Emerging Challenges at Global Scale.

Di sela-sela pertemuan utama, Menkeu Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan Duta Besar Indonesia untuk Perancis Mohamad Oemar melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal OECD Mathias Corman untuk membahas perkembangan kerja sama Indonesia-OECD, serta agenda strategis yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan Peta JalanAksesi Indonesia untuk menjadi anggota OECD, termasuk rencana peluncuran dokumen dimaksuddi Indonesia.

Selain itu, Menkeu Sri Mulyani Indrawati juga melakukan pertemuan dengan sejumlah investor Prancis. Dengan tujuan untuk memberikan pemaparan terkait perkembangan ekonomi dan reformasi struktural di Indonesia, kebijakan fiskal dan moneter, serta komitmen Indonesia dalam mengimplementasikan pembangunan yang berkelanjutan.

Recent Posts

Stafsus Menag Dorong Guru PAI Punya Cara Ajar Tepat untuk 43 Juta Siswa di Indonesia

MONITOR, Jakarta - Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) punya tanggung jawab penting. Yaitu, memberikan pemahaman…

2 jam yang lalu

Petugas Berjaga 24 Jam di Nabawi, Siap Bantu Jemaah Haji

MONITOR, Jakarta - Petugas haji Indonesia selalu siaga selama 24 jam di pelataran dan setiap…

3 jam yang lalu

Study Tour Pelajar Dilarang, Hetifah: Kebijakannya Mohon Ditinjau Kembali

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian memberikan tanggapan kritis terhadap kebijakan…

8 jam yang lalu

Sepanjang 2023, Pertamina Hulu Rokan Jadi Penghasil Migas Nomor 1 Indonesia

MONITOR, Jakarta – Sepanjang 2023, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) berhasil mempertahankan posisinya sebagai penghasil minyak…

10 jam yang lalu

PPIH Arab Saudi Daker Makkah Siap Sambut Kedatangan Jemaah dari Madinah

MONITOR, Jakarta - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Makkah siap…

11 jam yang lalu

Penilaian Lahan UIII Kembali Digelar, Kali ini Menyasar 236 Bidang

MONITOR, Depok - Tim Terpadu Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan (PDSK) Penyediaan Tanah untuk Pembangunan Universitas…

13 jam yang lalu